Selasa, 25 September 2018 02:18 WIB
pmk

Nusantara

741 Pelanggar Lalu Lintas di Palu Disidangkan

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI: Polisi memeriksa kelengkapan surat kendaraan seorang pemotor.

INDOPOS.CO.ID-Hasil Operasi Zebra tahap II melalui penjaringan Sat Lantas Polres Kota Palu dan Polda Sulteng Jumat (2/1) tahun 2016 ditetapkan 741 pelanggar. Ratusan para pelanggar lalu lintas itu tengah menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palu kemarin.

Dalam sidang itu tercatat 408 Ranmor tidak dilengkapi dengan surat keterangan uji berkala dan tanda lulus uji berkala. Mereka dikenakan Pasal 288  ayat (3) jo Pasal 106 ayat (5) berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kemudian sebanyak 333 pelanggar lalu lintas tidak mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI). Para pelanggar dikenakan Pasal 291 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (8).

Selanjutnya Ernawati  memberikan denda  tilang kepada pelanggar pengemudi berlalu lintas yang sengaja menerobos rambu-rambu lalu lintas dengan membayar  denda tilang sebesar Rp 50 ribu.

Sedangkan untuk  pengendara sepeda motor  yang tidak mengenakan helm saat mengendarai motor juga dikenakan denda tilang sebesar Rp 50 ribu. Lalu untuk motor  yang  pajaknya  (STNK) telah kadaluarsa, pemilik motor wajib membayar Rp 60 ribu rupiah. Sementara pemilik kendaraan roda empat (mobil) yang STNK dan SIM kadaluarsa dikenakan denda tilang sebesar Rp 70 ribu.

Menurut Hakim Ernawati Anwar, sidang pelanggaran pengemudi berlalu lintas untuk tahap II cukup meningkat dibanding tahap I, dimana jumlah pelanggarnya hanya 232 saja. Itu kata Ernawati akibat minimnya kesadaran masyarakat akan  pentingnya kelengkapan surat dalam berlalu lintas serta tidak mematuhi aturan rambu-rambu yang telah ditetapkan. Sehingga tidak sedikit pelanggaran itu justru merugikan orang lain dan diri sendiri.

Dikatakan, untuk  hari berikunya pengendara yang tidak mematuhi aturan-aturan yang telah di tetapkan boleh jadi denda tilangnya akan dinaikan.(cr6/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #operasi-zebra 

Berita Terkait

IKLAN