Rabu, 21 November 2018 11:12 WIB
pmk

Internasional

Bebas Cukai, Andorra Jadi Surga Belanja Negara Tetangga

Redaktur:

SURGA BELANJA: Jika ke Eropa sempatkan mengunjungi surganya belanja. Bukan Paris atau Milan melainkan Andorra.

Andorra salah satu negara terkecil di Eropa. Tetapi status bebas cukai di negara itu menjadi magnet bagi pelancong, terutama dari negara tetangganya, untuk datang liburan dan berbelanja. Berikut catatan wartawan Batam Pos (GROUP INDOPOS) yang berkunjung ke Andorra awal November lalu.

AHMADI SULTAN, Andorra

Di manakah Andorra? Negara berbentuk kepangeranan atau monarki ini tak begitu berkilau dibanding negara tetangganya, Spanyol dan Prancis. Juga bukan tujuan wisata bagi warga Indonesia. Jadi mungkin banyak yang bertanya di mana Andorra itu.

Letaknya 'terjepit' di antara Spanyol dan Prancis. Dikepung dan dibentengi Pegunungan Pyreness. Tidak memiliki bandara, sehingga untuk ke sana harus melalui Spanyol atau Prancis. Tidak butuh visa bagi semua negara untuk berkunjung. Tetapi karena tidak ada penerbangan yang bisa langsung mendarat di Andorra, maka tetap diperlukan visa schengen. Visa yang berlaku untuk 25 negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Meskipun Andorra sendiri belum sepenuhnya menjadi anggota Uni Eropa.

Ada dua pilihan untuk masuk ke negara monarki ini. Bisa dengan jalan darat melalui Spanyol atau Prancis. Saya memilih melalui Spanyol karena saya memang memasukkan Negeri Matador itu sebagai salah satu tujuan dalam tur Eropa kali ini. Dari Barcelona, jaraknya 208 kilometer. Dengan waktu tempuh tiga jam. Untuk ke sana bisa menggunakan bus, mobil pribadi, atau mobil sewaan. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, tidak butuh SIM internasional.

Namun saya berangkat ke Andorra dengan Bla Bla Car. Berbagi tumpangan dengan warga lokal dari Barcelona. Pemilik mobil hendak ke Andorra karena ada kerjaan dan kembali ke Barcelona sore hari. Jika naik bus tarifnya 28 Euro sekali jalan, sementara Bla-Bla Car hanya setengahnya. Tapi seperti menumpang taksi premium.

Nyaris seluruh wilayah Andorra memang bergunung-gunung. Ketinggiannya rata-rata 1.996 meter di atas permukaan laut. Sekitar 92 persen dari 468 kilometer persegi luas wilayahnya berupa pegunungan, hutan, sungai, dan danau. Jadi hanya 8 persen wilayah urban dan berpenduduk. Wilayah urban ini letaknya di lembah yang sempit dan dalam. Berbentuk huruf Y.

Setelah melewati perbatasan, wilayah administrasi yang pertama ditemui adalah Sant Julia de Loria. Andorra memiliki tujuh wilayah administratif yang dikenal dengan sebutan Parishes. Yakni Canillio, Encamp, Ordino, La Massana, Andorra la Vella, Sant Julai de Loria, dan Escaldes-Engordany. Tiap wilayah ini dipimpin wali kota. Walau negara independen, Andorra punya dua kepala negara dari luar negeri. Bishop Urgell dari Spanyol dan Presiden Prancis.

Di Andorra la Vella, toko-toko dan butik bertebaran. Posisinya berderet memanjang mengikuti jalan. Tapi tidak ada mal yang besar-besar seperti di Batam atau Jakarta. Hanya beberapa department store saja. Toko-toko di sini banyak yang menjual alat-alat elektronik kecil. Mulai ponsel pintar, tablet, gadget mainan, dan kamera. Pakaian dan tas-tas bermerek, jam tangan, perhiasan emas, sepatu, parfum, banyak dijual di sana. Beberapa pakaian bermerek dari Spanyol seperti Mango dan Zara juga banyak dijual.

Lokasi belanja yang paling terkenal adalah Avinguda Meritxell. Pusat belanja terpanjang dan pusat kota. Selama bertahun-tahun, avenue ini banyak menarik turis sebab produk fesyen, perhiasan, parfum, dan barang elektronik rata-rata merek eksklusif. Di sini juga ada mal meski tak begitu besar yang menjual beragam produk. Kemudian bertebaran restoran dan hotel.

Pusat belanja lainnya adalah Prada Ramon. Tak jauh dari Avinguda Meritxell. Pusat perdagangan ini sangat dinamis. Toko penjual pakaian, aksesoris, dan parfum, mudah ditemukan. Semua tempat-tempat belanja ini mudah dijangkau dengan berjalan kaki. Kecil kemungkinan tersesat karena jalannya tidak banyak. Kalaupun ingin mencari tempat yang ingin dikunjungi, sangat mudah mencarinya lewat google map. Fasilitas internet gratis ada di mana-mana.

Negara mewah ini terkenal dengan status bebas cukai dan sektor pariwisata, terutama wisata alam dan ski. Jadi barang-barang banyak yang tak kena pajak. Itulah yang menarik banyak pelancong untuk berwisata dan belanja di Andorra. Menjadi surga belanja bagi shophaholic, si tukang belanja. Banyak mobil-mobil berseliweran di jalan-jalan berasal dari luar Andorra. Mereka adalah wisatawan atau penduduk negara tetangga yang datang berbelanja. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #internasional 

Berita Terkait

Jutawan Cantik Inggris Cari Pria Setia

Internasional

Stan Lee, Tutup Usia

Indotainment

Stan Lee, Tutup Usia

Indotainment

Pangeran MBS Luncurkan Proyek Nuklir Pertama

Internasional

Indonesia-Arab Saudi Berupaya Tekan Pengangguran

Headline

IKLAN