Minggu, 18 November 2018 09:42 WIB
pmk

Liga Inggris

45 Atlet Adu Kecepatan di Tour De Khatulistiwa

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Sebanyak 45 atlet balap sepeda yang tergabung dalam sembilan klub, baik dari dalam dan luar negeri ikut kejuaraan Tour De Khatulistiwa 2016, Minggu (4/12).

Mereka mulai melakukan start pada pukul 07.00 Wib di depan Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Jalan Rahadi Usman dan berakhir finish di Kota Ngabang, Kabupaten Landak. 

Di Alun-Alun Kapuas para pebalap akan dilepas secara bersama oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar, Walikota Pontianak, Ketua KONI Kalbar dan Kota Pontianak, PB ISSI dan Pengprov ISSI Kalbar.

Setelah menempuh rute sekitar 169 Km menuju Kota Ngabang, para peserta lomba akan disambut Bupati Landak dan jajarannya serta masyarakat Landak. Selain memberikan hadiah kepada para pemenang, di lokasi finish juga diselenggarakan berbagai kegiatan olahraga dan hiburan. Diantaranya senam bersama, jalan sehat, lomba lari karung, pertunjukan drum band, orgen tunggal, pembagian dorpize dan lainnya.

Klub-klub yang ikut tersebut diantaranya, PGN Road Cycling Team (PGN), Banyuwangi Road Cycling Community (BRCC), Customs Cycling Club (CCC) Indonesia, Oengprov ISSI Bali dan Black Inc (CCN). Diikuti juga Pengprov ISSI Kalbar, Kuda Laut Ciamis Jawa Barat, Tirta Kahuripan Kanupatn Bogor serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalbar.

Kepala Dispora Kalbar, Syawal Bondorekso mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda dua tahunan sekali. Dalam kesempatan ini, Kalbar menurunkan sebanyak 10 pebalap yang terbagi dalam dua tim.

“Bagi kita kejuaraan ini sekaligus ajang untuk mencari bibit muda. Untuk itu kenapa kita menempatkan masing-masing tiga pebalap yang berusia dibawah 23 tahun ikut dalam satu tim,” kata Syawal usai kgiatan Manager Meeting Tour De Khatulistiwa 2016 di Hotel Borneo, Sabtu (3/12) malam.

Ke depan Syawal berharap kejuaraan ini dapat dijadikan kalender tetap oleh Pmgprov ISSI Kalbar. Bahkan dia mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilakukan setahun sekali.

“Kebetulan untuk tahun ini empat tim asal Malaysia batal ikut. Karena kebetulan juga mereka ada kegiatan serupa di sana. Untuk yang dari Belanda ada satu tim,” katanya sambil berharap semua tim dapat sampai tujuan dengan tidak ada kendala.

Sebelumnya, pada kejuaraan Tour De Kharulistiwa kali ini, para pebalap akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp90 juta. Adapun etape yang akan ditempuh para pebalap, Kota Pontianak-Kabupaten Landak.

Terkait dengan totalan hadiah, Syawal menjelaskan, pemenang akan dibagi dalam beberapa kategori. Diantaranya Intermediate Sprint pertama di Sungai Pinyuh. Kemudian Intermediate Sprint kedua di Mandor, kategori King Of Montain di Gunung Seha, serta saat finish akan diambil sebagai pemenang urutan pertama hingga keenam dan 10 perorangan. (fik/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tour-de-khatulistiwa # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN