Minggu, 23 September 2018 12:10 WIB
pmk

Liga Inggris

Menpora dan Prabowo akan Bawa Pencak Silat ke Olimpiade

Redaktur: Syahrir Lantoni

INDOPOS.COID - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bersama Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto berupaya membawa Pencak Silat agar dapat dipertandingkan di Olimpiade. Hal itu dikemukakan Menpora saat membuka Kejuaraan Dunia dan Festival Pencak Silat ke-17 (The 17th World Championship & Festival) bertajuk Pencak Silat For The World sekaligus membuka Musyawarah Nasional PB IPSI ke-14 di Gelanggang Olahraga Lila Bhuana Denpasar, Bali, Sabtu (03/12) malam.

Menurut Menpora, untuk memasukan Pencak Silat ke Olimpiade memerlukan proses panjang dan tidak mudah, salah satunya harus mendapatkan dukungan sedikitnya dari 70 negara anggota IOC yang memiliki federasi cabang Pencak Silat. 

"Pemerintah sangat mengapresiasi dan mendukung penuh agar Pencak Silat dipertandingkan ke olimpiade,  perkembangan Pencak Silat ke seluruh dunia tidak dapat ditawar lagi harus terus dikawal bersama, saat kunjungan kenegaraan ke Spanyol dan Aljazair kami telah menandatangani MoU tentang Pencak Silat agar terus mempererat hubungan persahabatan dan kedepan Pencak Silat harus menjadi bagian strategis negara-negara di seluruh dunia agar dapat dipertandingkan di olimpiade," ujar Menpora.
 
"Konsen Presiden Persilat agar Pencak Silat road to UNESCO harus kita seriusi kembali agar jatidiri dan eksistensi Pencak Silat semakin jelas, karena Pencak Silat bukan hanya urusan olahraga melainkan juga urusan kebudayaan karena Pencak Silat adalah olahraga asli Indonesia maka mengkampanyekan dan mengembangkannya adalah konsen kita semua tidak hanya IPSI dan pemerintah tetapi kita semua, melalui film salah satunya," tambahnya.
 
Pemerintah berharap stakeholder terkait agar terus bersinergi tidak boleh ada ego sektoral untuk membawa Pencak Silat sejajar dengan cabang olahraga olimpiade lainnya. "Semoga melalui kejuaraan ini akan menghadirkan banyak kemajuan permainan, tolak ukur, ketrampilan maupun penyelenggaraan dibandingkan sebelumnya termasuk sport tourism dan sport industry yang akan menjadi nation branding Indonesia," ucap Menpora.
 
Kejuaraan yang digelar hingga tanggal 9 Desembermendatang ini akan mempertandingkan 24 nomor yang terdiri 18 nomor olahraga dan 6 nomor seni diikuti ratusan atlet dari 40 negara di dunia, antara lain dari Perancis, Italia, Belanda, Jerman, Belgia sebagai peserta dari Benua Eropa.  Australia, Arab Saudi, Palestina sebagai peserta dari Benua Asia dan beberapa dari negara-negara ASEAN. Para atlet Pencak silat dari Brasil, Kanada, dan Amerika Serikat sebagai wakil dari Benua Amerika.
 
Sebelumnya, Ketua Pelaksana Eddy Prabowo menyampaikan dalam kejuaraan ini Indonesia menjadi tuan rumah kelima kalinya. "Pencak silat adalah budaya dan Olahraga asli Indonesia yang semakin bertambah penggemarnya di seluruh dunia, dalam kejuaraan ini sebanyak 40 negara akan ikut berpartisipasi dengan 533 atlet dan ofisial bersaing menjadi yang terbaik dari 24 cabang olahraga," ucap Eddy.
 
"Kontingen tuan rumah sendiri diperkuat sebanyak 30 atlet yang akan unjuk prestasi dan membela timnas Pencak Silat Indonesia dalam ajang yang bertajuk Pencak Silat Menembus Dunia," tambahnya.
 
Acara pembukaan berlangsung sangat menarik memadukan unsur kebudayaan, kesenian, tari-tarian dan olahraga-olahraga tradisional menjadi daya tarik tersendiri. Hadir dalam pembukaan ini Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Ketua Umum PB IPSI selaku Presiden Persilat Prabowo Subianto, Ketua Pelaksana Eddy Prabowo dan Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno. (rmn) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pencak-silat # 

Berita Terkait

Dapat Banus, Wewey Wita Ingin Buka Rumah Makan

Indosport

Menko Puan Bangga Atlet Pencak Silat Borong Emas

Nasional

Pencak Silat Benar-Benar Tambang Emas

Total Sport

Lobi Silat ke AG 2022

Total Sport

IKLAN