Selasa, 25 September 2018 12:36 WIB
pmk

Internasional

Ini Dia Cara untuk Mendeteksi Fake News

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

INDOPOS.CO.ID-Fake News memang sudah menjadi momok karena menyesatkan. Namun demikian, secara bisnis, bagi beberapa oknum, Fake News sangat menguntungkan. Berikut beberapa tips untuk mengetahui berita itu termasuk fake news atau bukan .

1. Siapa yang memublikasikan berita tersebut? Apakah bisa dipercaya? Institusi yang nyata atau hanya rekaan?

2. Cek lagi nama sumbernya. Apakah benar atau ada perbedaan dari biasanya? Misalnya BBC World News sering dipelesetkan menjadi BBC World Mews oleh pembuat berita palsu.

3.  Apakah lokasi kejadian benar ada?

4. Apakah kejadian serupa juga diberitakan media lain, atau hanya satu media itu saja?

5. Apakah berita tersebut juga menyertakan bukti lebih dari satu?

6. Apakah berita itu punya muatan lain? Seperti menyebarkan kebencian terhadap sesuatu?

Sumber: BBC

 

Cara Media Tangkal Fake News

- Mirror Group: Mengembangkan software yang bisa mengidentifikasi tingkat kepatuhan penulis artikel pada panduan Trust Project lewat tulisan mereka.

- La Stampa: Mengembangkan software untuk mengidentifikasi tingkat kredibitas penulis artikel sekaligus menelusuri berapa banyak artikel sejenis yang pernah penulis bikin.

- Washington Post/BuzzFeed: Mengembangkan software untuk mendeteksi artikel yang masuk dan melacak tautan serta sumber tulisan tersebut.  

- BBC News Labs: Merumuskan cara untuk menilai tiap data yang dihimpun jurnalis-jurnalis BBC dan disajikan lewat tulisan menjadi informasi yang menarik dan bisa dipercaya publik.

- The Guardian: Memunculkan berbagai artikel sejenis sebagai pembanding di laman yang sedang pembaca simak agar pembaca tidak sekadar berasumsi.

Sumber: BBC


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN