Minggu, 23 September 2018 04:02 WIB
pmk

Lifestyle

Semudah Ini Cara Mendapatkan Beasiswa ke Malaysia dan Australia dari XL

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

 

INDOPOS.CO.ID-Menjelang akhir tahun ini banyak instansi baik pemerintah atau swasta gencar mengadakan beasiswa studi ke mancanegara. Studi baik pendidikan sarjana atau pasca sarjana. 

PT XL Axiata Tbk (XL) kembali menawarkan program beasiswa Khazanah atau Khazanah Scholarship Programme 2017 kepada kalangan muda Indonesia. Di bawah payung program XL Future Leaders, beasiswa diberikan dalam bentuk biaya pendidikan untuk melanjutkan ke jenjang Pasca Sarjana S2 di sejumlah perguruan tinggi di Malaysia.

''Masyarakat yang memenuhi syarat bisa mendaftar untuk seleksi beasiswa ini sampai 11 Desember 2016 yang akan datang,'' ujar Vice President Corporate Communication XL, Turina Farouk di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Turina menambahkan, program ini merupakan bagian dari program sosial Yayasan Khazanah untuk masyarakat Indonesia, di mana sejumlah perusahaan di bawah Khazanah Nasional Berhad beroperasi di Indonesia, salah satunya adalah XL.

Beasiswa diberikan kepada calon penerima terbaik yang memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada tahun tersebut.

''Tidak ada kuota berapa yang akan diterima, yang jelas seleksi memang cukup ketat. Siapa yang lolos seleksi yang akan akan menerima manfaat beasiswa ini. Kami berharap, para penerima beasiswa akan kembali lagi ke Indonesia dan mengabdi untuk negara dan masyarakat, selain membangun karir pribadinya,'' tandasnya.

Untuk mendaftarkan diri, cukup mengirimkan CV melalui email recruitment@xl.co.id dengan subject 'Yayasan Khazanah Asia Scholarship - XL Axiata – Nama (nama pemohon)'. Formulir pendaftaran akan dikirim kepada pelamar yang memenuhi kriteria.Pendaftaran program beasiswa ini dibuka sampai 11 Desember 2016.

Persyaratan untuk mengikuti program Beasiswa Khazanah 2017 adalah Warga Negara Indonesia, berusia tidak lebih dari 27 tahun, dan telah memiliki gelar Sarjana (S1) dengan minimum nilai IPK 3.50.

 Para pendaftar harus memiliki latar belakang pendidikan Informasi dan Teknologi atau Ilmu Komputer, Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Matematika atau Ilmu Statistik, Teknik Industri, Marketing, Ekonomi, dan Manajemen Bisnis. Dia juga harus memiliki kemampuan memimpin yang baik serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan sosial. Mampu berbahasa Inggris dengan baik. Memiliki catatan prestasi akademik yang konsisten dan luar biasa. Terakhir, memiliki catatan kesehatan yang baik.

Bagaimana proses seleksi program beasiswa itu. Seleksi akan dilakukan dalam sedikitnya 4 tahap. Tahap 1 untuk tes Kemampuan Verbal & Numerik, yang dilakukan secara online. Tahap 2, tes kepribadian dan kelompok, dan moral.

Lalu ada pengerjaan tugas khusus di tahap ketiga. Tahap terakhir berupa wawancara dengan petinggi management Yayasan Khazanah dan XL  Pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Begitu juga dengan segala biaya untuk seluruh tahapan seleksi ditanggung oleh Yayasan Khazanah.

Bagi mereka yang dinyatakan lolos seleksi akan mendapatkan manfaat berupa beasiswa yang mencakup biaya akademik selama masa studi, tunjangan hidup, akomodasi untuk program pengembangan, dan pelatihan. Untuk Program Pascasarjana (S2) dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti kuliah di salah satu dari 7 universitas pilihan di Malaysia.

Pilihan universitas tersebut adalah Multimedia Universiti, Universitas Kebangsaan Malaysia, Universitas Islam Antarbangsa Malaysia, Universitas Malaya, Universitas Putra Malaysia, Universitas Sains Malaysia, Universitas Tenaga Nasional, dan Universiti Teknologi Malaysia. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN