Rabu, 19 September 2018 12:49 WIB
pmk

Hukum

Usai Sidang, Tahanan Korupsi Kabur 45 Jam

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

DITANGKAP LAGI: Asgiarman yang statusnya sudah terdakwa melarikan diri usai sidang pledoi di Pengadilan Negeri Tipikor, Padang. Foto: Padang Express

 

INDOPOS.CO.ID—Masih ingat kasus dugaan korupsi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat yang tersangkanya Asgiarman selaku Kepala BPBD Pasbar. Jumat (2/12) sekitar pukul 14.30, Asgiarman yang statusnya sudah terdakwa melarikan diri usai sidang pledoi di Pengadilan Negeri Tipikor, Padang.

Tapi, kemarin Minggu (4/12) sekitar pukul 11.45, terdakwa Asgiarman akhirnya menyerahkan diri bersama keluarganya ke Tim Opsnal Intelkam dan Reskrim Polres Pasbar di Padangtujuah,Nagari Aurkuning Kecamatan Pasaman Pasbar.

Menurut Kapolres Pasbar AKBP Djoko Ananto didampingi Kasat Intelkam Pasbar Muzhendra, sebelum terdakwa Asgiarman menyerahkan diri, pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa Asgiarman kabur usai pelaksanaan sidang di Pengadilan Tipikor Padang, Jumat sore lalu.

Begitu mendapat informasi pada Jumat sore itu, Kapolres Pasbar AKBP Djoko Ananto memerintahkan, personel polisi terutama bagian Intel dan Reskrim disebar ke sejumlah lokasi yang diperkirakan tempat persembunyian Asgiarman. Misalnya di rumahnya di Batangtoman, Kecamatan Pasaman. Lalu di rumah keluarganya di Talu Kecamatan Talamau dan di Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman.

Saat dilakukan pengintaian dan koordinasi dengan keluarga Asgiarman di Simpangempat, akhirnya Asgiarman bersama istri dan keluarganya menyerahkan diri ke Team Opsnal Satuan Intelkam dan Reskrim Res Pasbar pada Minggu (4/12) sekitar pukul 11.45. Terdakwa kasus Korupsi di BPBD Pasbar itu telah diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Pasbar sekitar pukul 13.30 untuk proses selanjutnya.

Terdakwa kasus korupsi tersebut sudah dibawa ke LP Muara Padang oleh pihak Kejaksaan Negeri Pasbar. "Ya, terdakwa Asgiarman itu sempat kita lakukan pengejaran ke rumah pribadi dan keluarganya. Tapi terdakwa akhirnya menyerahkan diri di Padangtujuh setelah koordinasi dengan keluarganya. Terdakwa sudah kembali diserahkan ke Kejaksaan Negeri Pasbar untuk dibawa ke LP Muaro Padang," kata Kasat Intelkam AKP. Muzhendra.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Pasbar, Teguh Wibowo membenarkan terdakwa Asgiarman yang sempat kabur usai sidang di Pengadilan Tipikor, Padang telah berhasil diamankan. Asgiarman ditangkap lagi setelah menyerahkan diri ke personel Polres Pasbar. Kini, mantan Kepala BPBD Pasbar itu sudah dibawa ke LP Muaro Padang.

"Ya, benar terdakwa Asgiarman sudah dibawa lagi ke LP Muaro Padang. Keberhasilan terdakwa Asgiarman bisa diamankan itu berkat kerja sama Forkompimda Pasbar, termasuk jajaran kepolisian," kata Teguh melalui via teleponnya.

Diberitakan Padang Ekspres (INDOPOS GROUP) sebelumnya, bahwa setelah hampir empat bulan melakukan penyidikan (sejak 19 Januari lalu), Kejaksaan Negeri Simpangempat, Pasaman Barat (Pasbar) menahan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasbar, Asgiarman, Rabu (27/4).

Dia ditahan terkait kasus dugaan korupsi bantuan bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 4,1 miliar tahun 2013. (roy/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #korupsi 

Berita Terkait

IKLAN