Sabtu, 22 September 2018 08:30 WIB
pmk

Internasional

Presiden Italia Minta Perdana Menteri Tunda Pengunduran Diri

Redaktur: Ali Rahman

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi

INDOPOS.CO.ID - Presiden Italia Sergio Mattarella meminta Perdana Menteri (PM) Matteo Renzi untuk menunda pengunduran dirinya menyusul kekalahannya dalam referendum konstitusi yang digelar pada 4 Desember. Renzi diminta untuk bertahan setidaknya hingga anggaran negara 2017 disahkan oleh parlemen yang kemungkinan dilakukan pekan depan. 

Sebelumnya, istana di Roma telah me ngonfirmasi bahwa PM yang telah menjabat sejak 2014 itu mengatakan kepada presiden, dirinya tidak mungkin lagi tetap menjabat usai kekalahan tersebut. 

Namun, dalam pernyataan yang diwartakan BBC, Selasa (6/12), Presiden Mattarella berusaha menahan kepergian Renzi agar risiko anggaran darurat yang mungkin muncul dapat dihindari.

Renzi yang juga menjabat sebagai pimpinan Partai Demokratik mempertaruhkan jabatannya dalam upaya reformasi konstitusi yang diputuskan melalui referendum. Reformasi konstitusi itu bertujuan untuk melemahkan kekuasaan majelis tinggi Italia demi melancarkan proses legislasi di Negeri Pizza yang membutuhkan waktu yang panjang. 

Lawan-lawan politiknya berpendapat reformasi ini akan memberi kekuasaan yang terlalu besar kepada PM Italia. Lawan politik Renzi juga menuding reformasi yang diusulkan Renzi berbahaya bagi demokrasi. Menteri Keuangan Pier Carlo Padoan adalah orang yang difavoritkan untuk menggantikan Renzi sebagai perdana menteri. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemerintahan-italia 

Berita Terkait

Aktris Italia Janjikan Seks untuk Penolak Referendum

Internasional

IKLAN