Rabu, 26 September 2018 02:15 WIB
pmk

Internasional

Wapres AS Joe Biden Siap Calonkan Diri di Pemilu 2020

Redaktur: Ali Rahman

Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden

INDOPOS.CO.ID - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana mencalonkan diri dalam pemilu Amerika 2020. Biden akan menyelesaikan kepemimpinan bersama Presiden Barack Obama Januari 2017. "Saya akan mencalonkan diri pada 2020. Apa pun itu," ujar Biden sambil tersenyum, Senin 5 Desember malam waktu AS, seperti dilansir Telegraph, Selasa (6/12).

Ketika ditanya apakah ia bercanda, pria 74 tahun itu mengambil jeda beberapa detik. Ia kemudian berkata, "Saya tidak berkomitmen tidak akan mencalonkan diri. Saya tidak berkomitmen pada apa pun. Saya belajar sepanjang waktu, takdir punya cara yang aneh untuk turut campur." 

Biden sendiri amatlah populer di kalangan pendukung Partai Demokrat. Sebenarnya, ia hampir mencalonkan diri pada pemilu Amerika tahun ini, namun anaknya, Beau, meninggal dunia pada Mei 2015. Saat menjelang ajal, Beau berharap ayahnya tetap menantang Hillary Clinton dalam proses nominasi calon presiden dari Partai Demokrat. 

Biden pun menanggapi serius permintaan anaknya, bahkan sudah menyiapkan "Draft Biden 2016". Nyatanya, kematian Beau di usia 46 tahun tersebut membuat Biden trauma secara emosional hingga ia pun membatalkan pencalonannya. 

"Seseorang tidak boleh mencalonkan diri sebagai presiden kecuali mereka siap mendedikasikan segenap jiwa, hati dan hasratnya untuk melakukan hal tersebut. Dan Beau adalah jiwa saya, sehingga saya pun tak mampu melakukannya," papar Biden kala itu.

Di kemudian hari, Biden mengaku menyesal setiap saat karena tidak meneruskan pencalonan dirinya. "Padahal saya sudah berencana mencalonkan diri. Ini adalah hal buruk. Saya rasa saya bisa menjadi presiden terbaik," ujarnya.

Dijuluki "wapres AS paling berpengaruh sepanjang sejarah", popularitas Biden menanjak sejak 2008. Biden merupakan negosiator kunci pada kesepakatan antara Gedung Putih dengan Kongres dalam menghindari krisis finansial pada 2012.

Jika benar akan mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat, maka Biden akan menjadi kandidat tertua. Ia akan berusia 78 tahun saat pemilu 2020. Sementara itu, Mantan Ronald Reagan hampir berusia 78 tahun saat meninggalkan Gedung Putih pada Januari 1989, dan menjadikannya presiden tertua yang dimiliki Amerika. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #amerika-serikat 

Berita Terkait

IKLAN