Senin, 17 Desember 2018 03:33 WIB

Internasional

Temui Konselor Myanmar, Menlu RI Peduli Rakhina State

Redaktur: Syahrir Lantoni

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi

INDOPOS.CO.ID - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi bertemu dengan State Counselor Myanmar Daw Aung San Suu Kyi di Naypyidaw, ibu kota Myanmar, Senin (6/12). Sebelum berangkat ke sana untuk berdialog, Menlu menyampaikan harapannya atas situasi di Rakhina State, Myanmar. Sebagai perwakilan negara dengan mayoritas penganut Agama Islam, ia menginginkan keadaan di sana semakin membaik.

"Pertemuan dengan State Counsellor Myanmar diharapkan akan membawa perbaikan situasi kemanusian dan stabilitas bagi semua komunitas, khususnya komunitas Muslim, di Rakhine State," tuturnya di Jakarta, Selasa (6/12).

Seperti diketahui, belum lama ini dunia dikejutkan dengan krisis bernuansa SARA di Rakhina State. Kaum muslim ditindas dan Myanmar menuai respon negatif dari dunia internasional. Indonesia sendiri menunjukkan kepedulian melalui komunikasi dengan pemerintah di sana. 

Pertemuan dengan State Counsellor Daw Aung San Suu Kyi akan dilakukan selasa malam 6 Desember 2016. Pertemuan ini merupakan rangkaian upaya intensif yag dilakukan Diplomasi Indonesia dalam membantu penyelesaian masalah di Rakhine State.

Sebelumnya, pada Sabtu 3 Desember 2016, Menlu Retno juga telah melakukan pembicaraan per telepon dengan mantan Sekjen PBB, Koffi Anan, yg sekarang menjabat Ketua Advisory Committee penyelesaian masalah di Rakhine State.

"Mesin diplomasi Indonesia tidak pernah berhenti bekerja, mencermati memburuknya situasi keamanan dan jatuhnya korban di Rakhine state paska penyerangan tanggal 9 Oktober 2016," imbuh Retno.

Menurut pengakuannya, komunikasi intensif terus dilakukan dengan Pemerintah Myanmar, baik dengan Naypyidaw maupun melalui Dubes Myanmar di Jakarta. Sekedar mengingatkan, Dubes RI untuk Myanmar merupakan satu dari tujuh Dubes Asing dan satu satunya Dubes ASEAN yang telah lakukan kunjungan ke Rakhine State pada 3-6 November 2016 untuk melihat situasi dan mendapatkan informasi langsung di lapangan.

Berbagai pertemuan juga dilakukan oleh Menlu dan Wamenlu RI dengan Organisasi Masyarakat, terutama Ormas Islam Indonesia dalam rangka meminta masukan. Komunikasi dengan berbagai NGO Internasional juga dilakukan. (adn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #myanmar 

Berita Terkait

Rekonsiliasi Tentukan Masa Depan Myanmar

Internasional

Imigrasi Myanmar Tahan Ratusan Muslim Rohingya

Internasional

Demo Bela Jurnalis di Myanmar Kian Menguat

Internasional

Penghargaan Suu Kyi Berguguran

Internasional

Malaysia Raih Gelar Hiburan di Piala AFF U 16

Indosport

IKLAN