Rabu, 26 September 2018 08:06 WIB
pmk

Megapolitan

Rumah Dihantam Longsor, Dua Tewas, Dua Terluka

Redaktur:

RUSAK PARAH: Rumah milik H Muktar yang nyaris roboh usai ditimpa longsor. Foto: Yasril Chaniago/indopos

INDOPOS.CO.ID - SELAIN menyebabkan banjir, Kabupaten Lebak juga dilanda longsor. Dua orang meninggal dunia dalam bencana longsor yang menimpa rumah milik H Muktar di Kampung Cikatomas, Kecamatan Cilongrang, Senin (5/12) pukul 17.15 WIB. Saat itu rumah diisi oleh empat orang, H Muktar bersama istri serta dua anaknya.

Selain menewaskan H Muktar, 45 dan Rika, 15 (anak perempuan H Muktar), longsor juga membuat Hj Mintarsih (istri H Muktar) dan anak lelakinya, Ali, 20 mengalami luka cukup serius. Lantaran tubuh keduanya sempat tertimba bangunan rumah yang ambruk pasca longsor terjadi menjelang maghrib tersebut. 

Setelah dua jam dievakuasi, jasad kedua korban berhasil diangkat dari reruntuhan bangunan. Evakuasi itu dilakukan oleh tim Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak dibantu kepolisian, TNI dan warga yang berusaha mencari para korban di rumah yang nyaris ambruk tersebut. 

Pertama kali, jasad Muktar ditemukan. Lalu disusul penemuan Rika. Kondisi siswa kelas 2 SMP 2 Cilograng itu kondisinya mengenaskan karena tertimpa reruntuhan rumah. Sementara Istrinya Hj. Mintarsih istri H Muktar yang kondisinya kritis dilarikan ke RSUD Pelabuhan Ratu setelah tim evakuasi berhasil mengeluarkan dari reruntuhan rumah. 

Evakuasi dilakukan dengan menggunakan alat berat miluk PT Cemindo. Selain sang istri, anak pertama H Muktar yang  bernama Ali, 20, berhasil selamat namun mengalami patah tulang paha kanan. ”Evakuasi berhasil mengeluarkan para korban dari reruntuhan rumah,” terang Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi. 

Dia juga mengaku berterimakasih kepada PT Cemindo atas bantuan alat berat yang digunakan untuk mempercepat proses evakuasi. Dikatakan Kaprawi juga, bencana tanah longsor terjadinyaakibat curah hujan yang  tinggi serta kondisi bangunan yang berada di daerah kemiringan tanah. 

 ”Saat longsor terjadi kondisi tengah hujan lebat. Keluarga ini tengah berada di dalam rumah,” katanya juga. Akibat dari kejadian ini tidak hanya korban jiwa namun kerugian harta benda berupa bangunan rumah permanen, dua unit mobil dan dua unit sepeda motor.

Kaprawi juga mengimbau kepad warga agar tetap mewadpadai cuaca dalam selama Desember ini lantaran intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Lebak. Dia juga mengatakan, selain banjir akibat hujan juga longsor. (yas/yan)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ilustrasi 

Berita Terkait

IKLAN