Kamis, 15 November 2018 08:23 WIB
pmk

Internasional

Selandia Baru Tidak Diakui di Kazakhstan

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

INDOPOS.CO.ID-Ingat film The Terminal? Tom Hanks berperan sebagai Viktor Navorski, turis asal Krakozhia yang ditolak masuk AS karena negerinya baru saja hancur akibat perang. Peristiwa serupa terjadi pada Chloe Phillips-Harris asal Selandia Baru.

Bedanya, dia ditolak bukan karena negerinya berantakan (Selandia Baru masih sehat walafiat). Tapi karena petugas imigrasi di negeri yang dikunjunginya begitu kurang piknik. Mereka tidak tahu bahwa Selandia Baru adalah negara.

Itu terjadi ketika Phillips-Harris berkunjung ke Kazakhstan Mei lalu. Ketika baru tiba, dia menjalani prosedur imigrasi yang biasa. Petugas meminta dia menunjukkan paspor Australia. ”Saya tidak boleh masuk kalau tidak punya paspor Australia. Tentu saya tidak punya,” tutur Phillips-Harris kepada NZ Herald.

Dia berupaya menjelaskan bahwa Selandia Baru adalah negara. Tapi, mereka ngotot bahwa Negeri Kiwi itu adalah sebuah state di Australia. Dia berupaya mengontak beberapa kenalan penting, tapi petugas imigrasi malah marah. Dia diinterogasi dalam sebuah ruang kecil. Lucunya, di ruang itu ada peta dunia. Tapi, tidak ada Selandia Baru!

Karena petugas masih tidak percaya, Phillips-Harris dikurung di sel kecil. Hanya ada tempat tidur kecil. Tidak ada air, tidak ada makanan. Untung, kondisi itu hanya berlangsung dua hari. Pada hari ketiga, kenalan yang berhasil dia kontak datang serta memberinya paspor dan visa baru plus menyuap petugas agar dirinya bebas.         

FYI (for your information), paspor palsu yang diberikan sang teman adalah paspor AS. Rupanya, itu negara yang familier buat si petugas imigrasi. Pasti dia habis nonton Borat. (len/c11/na/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN