Rabu, 19 September 2018 10:30 WIB
pmk

Hukum

Jaksa Achmad Fauzi Siap Disidangkan PN Surabaya

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Berkas kasus suap Jaksa Penyidik Bidang Pidana Khusus Kejati Jawa Timur Achmad Fauzi telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Surabaya hari ini, Selasa (6/12). 

Hal itu disampaikan Jaksa Agung M Prasetyo saat rapat dengan komisi III DPR, Senayan, Jakarta.

"Mengenai Jaksa Achmad Fauzi, yang bersangkutan sudah dikirim ke Surabaya untuk menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya," ujarnya saat ditanyakan perkembangan kasus suap anak buah Maruli Hutagalung itu.

Menurut dia, dalam kasus Achmad Fauzi ini tidak hanya praktek suap yang dilakukan, tapi ada pula unsur pemerasan. Kejaksaan telah memeriksa Fauzi di gedung Kejaksaan Agung. Selain Fauzi, tersangka dalam kasus ini juga pemberi suapnya yaitu Abdul Manaf.

Barang bukti uang suap Fauzi dari Abdul Manaf senilai Rp 1,5 miliar juga telah disita. Manaf pun juga sudah ditahan.

Prasetyo  menerangkan bahwa Fauzi merupakan jaksa pilihan. Namun, dikarenakan faktor lingkungan, akhirnya terjebak juga.

"Mungkin karena pengaruh lingkungan, iming-iming imannya kurang kuat, dia akhirnya terjebak," pungkasnya.

Sebelumnya, Jaksa Penyidik Bidang Pidana Khusus Kejati Jawa Timur Ahmad Fauzi terbukti menerima suap. Dia tertangkap tangan tim Saber Pungli Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (23/11) sekitar pukul 13.00.

Penangkapan itu dilakukan di gedung Kejati Jatim. Dari tangan Fauzi, petugas menyita barang bukti berupa sebuah koper berisi uang tunai Rp 1,5 miliar. (dna/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kejagung 

Berita Terkait

IKLAN