Minggu, 23 September 2018 02:56 WIB
pmk

Total Sport

Tandang ke Bernabeu, Dortmund Kian Ganas

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Hanya ada tiga klub yang pernah membuat 20 gol di fase grup Liga Champions. Yakni Manchester United,  Real Madrid,  dan Barcelona. Hebatnya dua dari tiga klub yang menggondol predikat tim paling produktif di babak grup kemudian menjadi kampiun di akhir musim. United di musim 1998/1999 lalu Real di musim 2013/2014.

Dan Borussia Dortmund sangat dekat dengan capaian hebat United, Real, juga Barca, nama lain Barcelona, tersebut. Sampai matchday kelima Liga Champions musim ini, Dortmund sudah membuat 19 gol atau satu gol lagi buat menyamai statistik ketiga raksasa Eropa itu.

Namun asa mengejar 20 gol itu diprediksi menemui sumbatan besar di matchday pamungkas atau keenam grup F Liga Champions ini. Dortmund akan melakoni laga away ke markas Real, Santiago Bernabeu dini hari nanti (8/12). Pada pertemuan pertama musim ini di Signal Iduna Park (27/9) lalu, keduanya bermain imbang 2-2.

Nah, baik tuan rumah dan sang tamu sama-sama dibekali konfidensi tinggi menuju pertemuan kesebelas kalinya ini. Real baru saja menahan imbang Barca 1-1 di Camp Nou pada el clasico Sabtu (3/12) lalu. Sedang di hari yang sama, Dortmund mencukur Borussia Moenchengladbach dengan skor 4-1.

Entrenador Real Zinedine Zidane kepada Marca kemarin (6/12) mengingatkan matchday terakhir Grup F ini tak ubahnya sebuah laga final. Tak sekadar perebutan posisi juara grup di mata Zidane namun juga adu gengsi dua tim yang belum terkalahkan di fase grup ini.   “Saya tak akan bohong seandainya lawan Dortmund ini menjadi laga yang sangat menantang. Dortmund tak bisa diremehkan sama sekali,” tutur ayah empat anak tersebut.

Barisan pemain Zidane yang sempat didera badai cedera, satu per satu pulih. Winger Gareth Bale baru saja akhir November lalu menjalani operasi penyembuhan engkel. Penyerang Alvaro Morata juga masih belum pulih dari cedera hamstringnya. Namun, Marca menulis gelandang Toni Kroos sudah berlatih bersama tim.

Zidane mengenal Dortmund meski bermain di luar kandang akan bermain ofensif. Racikan formasi 4-1-4-1 atau 3-4-3 ala der trainer Dortmund Thomas Tuchel sudah terbukti keganasannya.  Kalau di Liga Champions sudah 19 gol dibuat skuad Dortmund, maka di Bundesliga 31 gol sudah dicetak Die Borussen, julukan Dortmund. Torehan gol Dortmund di Liga Champions dan Bundesliga membuat mereka jadi tim paling produktif di dua kompetisi itu. 

Harian AS tanpa ragu memasang foto bomber Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang sebagai cover. Ya, 15 gol di Bundesliga plus  tiga di ajang Liga Champions sudah jadi bukti sahih bagaimana penyerang asal Gabon itu sangat berbahaya.

Sementara itu, der trainer Dortmund Thomas Tuchel seperti menuturkan,  kembalinya Marco Reus menjadi pelengkap puzzle unit penyerangan timnya. Ketika menghancurkan M'Gladbach dengan skor 4-1 pada Sabtu (3/12) lalu, Reus membuat tiga assist.

Meski kehilangan Sven Bender, Roman Buerki, dan Mario Goetze karena cedera adanya Reus mempertebal konfidensi Tuchel. “Marco (Reus) sudah kembali dan fantastik melihatnya bermain kembali setekah istirahat enam bulan,” tutur Tuchel.

Mantan arsitek Mainz tersebut pun mengatakan tak akan silau kepada nama besar Real maupun gentar dengan rekor tak kalah Zidane dalam 33 laga yang dijalaninya. Justru yang terpenting buat Tuchel adalah kobaran spirit bermain anak asuhnya buat membuktikan diri di hadapan pendukung Real. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-champions 

Berita Terkait

Morata Bisa Ikuti Idolanya

Liga Champions

Penggoda Hati Sarri

Liga Champions

Jamu Roma, Madrid Tunggu Teka-teki Lopetegui

Liga Champions

Inter Milan Coret Tiga Pemain untuk Liga Champions

Liga Champions

IKLAN