Senin, 24 September 2018 07:02 WIB
pmk

Total Sport

Tekuni Jalur Profesional, Hendra Setiawan Pilih Boon Heong

Redaktur:

Hendra Setiawan

INDOPOS.CO.ID - Langkah besar akhirnya diambil Hendra Setiawan, legenda hidup bulu tangkis Indonesia. Per 1 Desember 2016 dia memilih untuk keluar dari pelatnas dan menekuni jalur profesional untuk mengikuti turnamen internasional. Terbaru, dia memilih untuk berpartner dengan pebulutangkis Malaysia, Tan Boon Heong.

Kepastian tersebut disampaikan Hendra saat dikonfirmasi Jawa Pos kemarin (7/12). Hendra yang kini membela klubnya, Jaya Raya Jakarta sebelumnya memang punya dua kandidat rekan kerja untuk menjalani turnamen tahun depan. Selai Boon Heong, Yoo Yeon-seong, mantan rekan duet Lee Yong-dae itu juga sempat dikabarkan bakal berpasangan dengan Hendra.

Namun, pilihan akhirnya jatuh kepada Boon Heong. ”Saya sudah komunikasi dengan mereka cukup intensif sejak Superseries Eropa lalu,” terang peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 tersebut. Menurut Hendra, pilihan bekerja sama dengan Boon Heong tidak lepas dari federasi. Selain itu, performa Boon Heong yang masih berusia 29 tahun juga masih cukup mumpuni.

”Kami sudah bersepakat Selasa malam (6/12), selanjutnya nanti kami akan menyiapkan sponsor dan mencari tim pelatih,” urai Hendra. Satu target besar yang akan dia kejar yakni bisa lolos pada ajang World Championship 2017 di Glasgow, Skotlandia. Namun, perjuangan itu tidak akan mudah, Hendra/Boon setidaknya harus bisa lolos 32 besar untuk bisa lolos ke ajang tersebut.

Hendra pun sudah merencanakan sejumlah event yang harus diikuti. Salah satunya yakni India Superseries, ataupun All England. Dua ajang tersebut menjadi dua diantara turnamen yang dibidik mereka. Harapannya jelas, supaya mereka bisa lolos ke pentas dunia. Sebab, Hendra masih berstatus sebagai juara bertahan edisi 2015 kala berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

”Itu tujuan besar kami tahun depan,” lanjutnya. Sebenarnya, plihan untuk bermain secara profesional sudah dilakoni Hendra pada 2010-2012 silam. Saat itu, Hendra yang masih berpasangan dengan Kido secara mandiri mengatur rencana turnamen yang diikuti,

Menurutnya, tantangan besar adalah dengan menyiapkan administrasi sendii. Berbeda saat dia masih menghuni pelatnas Cipayung. Segala persiapan sudah terselesaikan rapi oleh PP PBSI. Namun, kini dia juga mendapatkan support dari Jaya Raya, klub yang membesarkannya. Selain itu dia juga masih berharap dukungan PP PBSI untuk membantu mengurus masalah administrasi seperti visa.

Susi Susanti, Kabidbinpres PP PBSI yang baru menjelaskan kalau pihaknya punya standar jelas untuk mengirim pebulutangkis ke turnamen dunia. ”Kalau memang ada potensi untuk meraih gelar, kami tetap akan memberikan prioritas,” kata Susy. (nap)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bulutangkis 

Berita Terkait

Akbar/Winny Langsung Tersingkir di Indonesia Masters

Bulutangkis

Siapkan Pesta Medali Emas  

Asian Games 2018

Bisa-Bisa All Indonesian Final

Asian Games 2018

Sore Ini, Anthony Dkk Tantang Tiongkok di Final

Headline

Gregoria dkk Pede Habisi Hongkong

Bulutangkis

IKLAN