Korban Gempa Aceh Terbanyak di Pidie Jaya

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 102 orang dilaporkan tewas dalam musibah gempa bumi 6,5 skala richter yang mengguncang sejumlah kawasan di Aceh. Korban jiwa terbanyak dari Pidie Jaya sebanyak 97 orang, lalu Pidie tiga orang, dan Bireun dua orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, korban tewas seluruhnya karena tertimpa bangunan yang roboh. Usia mereka bervariasi mulai dari bayi hingga lansia.

"Korban meninggal usianya bervariasi, ada yang bayi tiga bulan, tujuh bulan, anak-anak lima tahun, dewasa 28 tahun hingga lansia 80 tahun," kata Sutopo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Jakarta Timur, Kamis (8/12).

Selain korban meninggal, sebanyak 128 orang di Pidie Jaya luka berat, 149 orang luka ringan. Sementara 2.154 jiwa mengungsi di 11 titik yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Meurah Dua dan Kecamtan Meureudu.

Baca Juga :

Tower Bersama Bantu Recovery Gempa Aceh

"Dari korban luka berat dan ringan itu, sebanyak 280 orang dirawat di empat rumah sakit di Sigli, Biruen, Banda Aceh, dan Rumah Sakit Pidie Jaya," terang Sutopo.

Gempa 6,5 Skala Richter kemarin juga menyebabkan ratusan bangunan di tiga kabupaten yang berdekatan itu, rusak berat. Bangunan meliputi rumah warga, rumah ibadah, fasilitas umum, bangunan sekolah dan lainnya.

Baca Juga :

Rehabilitasi Gempa Aceh Lihat Pengajuan

Gempa bumi 6,5 SR kemarin pagi berpusat di 18 kilometer sebelah timur laut Pidie Jaya ini. Gempa berlangsung di darat pada kedalaman yang cukup dangkal yakni 10 kilometer. (rmn)

Komentar telah ditutup.