Mahasiswa Peringati Hari Anti Korupsi

INDOPOS.CO.ID  – Seratus mahasiswa yang menamakan diri “Aliansi Unlam Beraksi” berantas korupsi turun ke jalan melakukan longmarch. Gedung KNPI Kalsel menjadi start mereka, Jumat (9/12) siang kemarin.

Aksi Mahasiswa gabungan dari Fakultas Hukum, FSIP dan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini memeringati Hari Anti Korupsi Dunia yang jatuh kemarin.

Baca Juga :

Aksi longmarch melintasi Jalan Haryono MT Banjarmasin yang bergerak menuju Simpang Empat Kantor Pos Besar di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Hampir satu jam mahasiswa berorasi di sana. Bahkan, selain melakukan orasi, mereka melakukan aksi teatrikal di tengah jalan.

Aksi teatrikal menceritakan kepongahan pengusaha dan pemimpin yang melakukan segala cara dengan kelebihan finansial yang dimiliki. Sontak, aksi tersebut menjadi perhatian para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Baca Juga :

Apalagi aksi mahasiswa dilengkapi dengan atribut keranda mayat yang bertuliskan koruptor. Menurut Koordinator Lapangan Aji Setiono, keranda mayat ini sebagai simbol  harus matinya korupsi di Indonesia. “Keranda mayat ini kami siapkan buat para koruptor,” teriaknya disambut yel-yel demonstran.

Ia meminta dengan tegas, kepada KPK untuk lebih fokus dalam pemberantasan korupsi di negeri ini. Di Banua, mahasiswa mendesak, agar penuntasan kasus perjalanan dinas fiktif anggota DPRD Kalsel segera dilakukan. Selain itu, demonstran juga meminta kepada Satgas Pungli agar cepat bekerja. “Saat ini belum terlihat, padahal pungli sangat marak,” koar Aji.

Baca Juga :

Dijaga puluhan aparat Kepolisian, aksi berjalan damai. Meskipun kemacetan sempat terjadi ketika mahasiswa menggelar longmarch di sisi jalan yang dilintasi. Usai melakukan orasi dan teatrikal di tengah Bundara A Banjarmasin. Demonstran bergerak mendatangi kantor DPRD Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Karena sudah sore hari, dan para wakil rakyat banyak berangkat ke luar daerah melakukan kunjungan kerja. Demonstran pun tak bisa berbuat banyak. Mereka pun bergeser ke Kantor KNPI Kalsel tempat kumpul awal yang areanya tak berjauhan dengan kantor DPRD Kalsel. (mof/yn/ram/JPG)

Komentar telah ditutup.