Pertamina Gandeng BUMD Pasok Energi untuk Daerah

INDOPOS.CO.ID-PT Pertamina (Persero) dan PT Badan Usaha Milik Desa Indonesia sepakat melakukan pengembangan usaha energi bersih dan terbarukan di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi kekurangan pasokan energi di wilayah pedesaan.

Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani mengatakan,‎ kerja sama ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pasokan energi untuk lini usaha BUM Desa Indonesia. Khususnya industri tambak udang Dipasena di Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji, Lampung yang akan menjadi fokus awal kerja sama, sebelum diperluas ke wilayah usaha BUM Desa Indonesia lainnya di Indonesia.

"Pertamina sebagai BUMN energi senantiasa berupaya untuk mendukung program Pemerintah Indonesia terutama, dalam menjaga ketahanan energi nasional, dengan salah satu fokus adalah penyediaan energi bersih dan Energi Baru & Terbarukan (EBT) untuk kelistrikan. Hal ini, lanjutnya, sejalan dengan aspirasi para pemangku kepentingan yang menginginkan Pertamina sebagai BUMN hadir untuk negeri," kata Yenni dalam keterangannya, kemarin (9/12).

Sebagai langkah awal, Pertamina dan BUMD Indonesia akan melakukan kajian bersama untuk pasokan energi di Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupaten Mesuji, Lampung, yang bertujuan untuk merehabilitasi dan mengembangkan usaha tambak udang dan usaha lainnya di kedua wilayah tersebut. "Pada pilot project tersebut, direncanakan penggunaan secara hybrid Solar PV dan energi gas dengan implementasi pilot project dapat dilaksanakan pada akhir tahun 2017," ungkap Yenni.

Baca Juga :

Penyediaan energi diupayakan menjangkau seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian wilayah tersebut dan secara langsung berkontribusi untuk peningkatan ekonomi secara nasional, terutama di wilayah terpencil.

”Penerapan model hybrid antara Solar PV dan energi gas relatif baru dan Pertamina akan kaji penerapannya tidak terbatas pada dua wilayah tersebut tetapi juga di wilayah terpencil lainnya di Indonesia untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah," tutup Yenni. (ers)

 

 

Baca Juga :

Waspadai Klaster Keluarga saat Liburan

Komentar telah ditutup.