Kamis, 20 September 2018 06:03 WIB
pmk

Internasional

Horeee........Hotel Beku Kini Buka Sepanjang Tahun

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

DINGIN: Salah satu kamar di Icehotel. Foto: Reuters

INDOPOS.CO.ID– Icehotel, hotel yang sebelumnya hanya buka setiap musim dingin, akan menjadi Icehotel 365. Sesuai dengan namanya, hotel beku di Jukkasjarvi Village, Kiruna Municipality, Norrbotten County, Swedia, itu bakal buka selama 365 hari alias setahun penuh. Meski buka saat summer alias musim panas, Icehotel dijamin tetap beku.

’’Terobosan ini membuat tamu-tamu kami punya lebih banyak pilihan ketika menginap di hotel kami pada musim panas. Mereka bisa naik kereta luncur yang ditarik anjing sambil menyaksikan aurora atau sekadar jalan-jalan di bawah sinar matahari pada tengah malam,’’ kata pendiri Icehotel Yngve Bergqvist sebagaimana dilansir CNN Kamis (8/12).

Dia optimistis, pada musim panas pun, tingkat okupansi hotel beku tersebut akan tetap setinggi saat musim dingin.

Sejak berdiri pada 1989, Icehotel selalu kebanjiran pengunjung meski hanya beroperasi pada musim dingin. Karena itu, Jukkasjarvi yang populasinya tidak sampai 1.000 orang (pada 2010 hanya sekitar 548 jiwa) selalu ramai setiap winter. Setiap tahun hotel di tepi Sungai Torne tersebut selalu menjadi lokasi pesta pernikahan. Rata-rata, 100 pesta pernikahan dihelat di sana per tahun.

Uniknya, karena semula hotel hanya beroperasi setiap musim dingin, dekorasi dan ornamennya selalu berubah. Dari lobi sampai kamar, desain interiornya tidak pernah sama. Sebab, seniman es yang membangun hotel musiman itu pun tidak tetap. Yang pasti, seluruh material yang digunakan untuk membangun Icehotel selalu diambilkan dari Sungai Torne. Sedikitnya 5.000 ton es diambil dari sana.

Untuk menjaga kebekuan Icehotel pada musim panas, Bergqvist menggandeng Solkompaniet, perusahaan pertama penghasil tenaga surya Swedia. Dengan memanfaatkan cahaya matahari yang bersinar nonstop selama 100 pada musim panas, perusahaan tersebut menciptakan panel-panel surya. Selanjutnya, panel-panel itu menghasilkan listrik dan mengaktifkan sistem yang mempertahankan kebekuan hotel.

’’Ini ide yang sangat menarik. Kami sangat antusias menjadi bagian dari kesenangan di Arctic Circle,’’ papar Jon Malmsten, penasihat Solkompaniet.

Dia yakin kehadiran Icehotel pada musim panas bakal menuai reaksi positif dari seluruh penjuru dunia. Tahun lalu tarif hotel beku tersebut berkisar 5.660 krona atau sekitar 8,2 juta setiap malam. Namun, hotel juga punya paket tanpa menginap alias hanya tur atau melihat-lihat. (CNN/guardian/hep/c14/any/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN