Selasa, 25 September 2018 12:34 WIB
pmk

Total Sport

TNI-AU Kawinkan Gelar Livoli 2016

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

INDOPOS.CO.ID– Pertarungan seru menjadi penutup gelaran Livoli Divisi utama 2016. Pertemuan Bhayangkara Samator Surabaya dengan TNI-AU layak disebut sebagai final ideal ajang tahunan tersebut. Dua tim itu harus melalui pertarungan seru lima set untuk menentukan diri sebagai pemenang.

Pada akhirnya, tim putra TNI-AU membuktikan diri sebagai yang terbaik. Sempat tertinggal pada dua set awal, mereka membalikkan kondisi dan tampil dominan di tiga set terakhir. TNI -AU menutup laga dengan keunggulan 19-25, 24-26, 25-22, 25-12, 15-12.

Hasil tersebut sekaligus mengulangi hasil pertemuan dua tim di fase grup. Bagi Samator, kekalahan di final sekaligus mengulangi kekecewaan yang sama pada final tahun lalu. Di final 2015, Samator menyerah pada  Mars Putra Probolinggo.

Sebaliknya, TNI-AU mencatatkan sukses ganda. Sebelum final tim putra, tim putri TNI-AU sudah memastikan gelar juara. Hanny Budiarti dkk mengalahkan Surabaya Bank Jatim tiga set langsung 3-0 (25-19, 27-25, 25-21). Pada final yang berlangsung di GOR Mustika, Blora,  membuktikan permainan skuad TNI-AU yang bermaterikan sebagian besar turun di Proliga 2016.

Kemenangan tersebut sekaligus menjadi gelar perdana buat TNI-AU sepanjang mengikuti Livoli Divisi Utama. Ini juga menjadi ajang pembalasan saat TNI-AU kalah dari Bank Jatim edisi 2014 di Probolinggo. Kala itu, Bank Jatim menang 3-2 atas TNI-AU. Satu hal yang unik adalah, pelatih yang membawa TNI-AU menjuarai Livoli adalah Anshori yang pada 2014 menangni Bank Jatim.

Kapten tim TNI-AU Novriali Yami mengaku lega bisa membawa timnya juara. ”Senang bisa juara, kami bermain sangat bagus hari ini dan penuh semangat," kata Yami dalam surat elektronik PP PBVSI. Selain Yami, TNI-AU juga diperkuat Hanny Budiarti dan Netty Dyah yang merupakan tumpuan timnas putri Indonesia.

Anshori menyatakan bahwa semua strategi yang berjalan cukup sempurna di TNI-AU. “Semua lini berjalan dengan baik, persiapan kami satu setengah bulan di Mabes AU,” urainya. Tetapi pada set kedua TNI-AU sempat terbawa permainan Bank Jatim sehingga ritme mereka terganggu hingga berakhir deuce.

Sama seperti TNI-AU, Bank Jatim juga diperkuat deretan bintang-bintang timnas.  Di antaranya, kapten tim Rianita Panirwan, Asih Titi Pangestuti, Maya Kurnia Indri, Novia Andriyanti, dan Dhini Indah Sari.  Tetapi salah satu kendala yang diperlihatkan Bank Jatim adalah receive yang kurang bagus.

Praktis mereka susah untuk menjalankan serangan kalau receive yang berjalan jelek. ”Sebaliknya TNI-AU bagus hari ini,” ujar Labib, pelatih Bank Jatim.

Sementara itu, pada perebutan tempat ketiga, tim putra Mars Probolinggo menang 3-1 (23-25, 25-23, 25-19, 29-27) atas Semarang Berlian. Sedangkan juara bertahan sektor putri, Alko Bandung menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan TNI AL 3-1  (25-21,  21-25, 25-22, 25-18). (nap/ady/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN