Kamis, 20 September 2018 06:15 WIB
pmk

Internasional

Gantikan Key, Bill English Perdana Menteri Selandia Baru

Redaktur:

Bill English Perdana Menteri Selandia Baru

INDOPOS.CO.ID  – Sepekan setelah pengunduran diri mendadak John Key sebagai perdana menteri (PM), Selandia Baru punya kepala pemerintahan anyar. Kemarin (12/12) Bill English langsung mengikrarkan sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Kota Wellington. Itu dilakukan setelah Partai Nasional memberikan dukungan penuh kepadanya. 

Selama ini, publik lebih mengenal English sebagai menteri keuangan. Padahal, dia juga menjabat wakil PM. ”Saya merasa sangat bangga dan tersanjung. Setelah delapan tahun menjadi wakil Key, saya akhirnya mendapatkan kesempatan istimewa ini,” papar politikus 54 tahun tersebut. 

Dalam jumpa pers pertamanya sebagai PM, English menyebut pertumbuhan ekonomi sebagai prioritas pemerintahannya. ”Saya akan memimpin pemerintahan yang mendukung penuh pertumbuhan ekonomi ke arah positif dan memastikan bahwa keuntungan di bidang ekonomi akan dinikmati merata oleh rakyat,” tegas dia. Dia menambahkan, kepuasan rakyat terhadap kinerja pemerintah akan menyelamatkan Selandia Baru dari fenomena Brexit. 

Ketua Partai Nasional Peter Goodfellow menyambut baik pelantikan English dan Bennett sebagai PM-wakil PM. Dia menyebut dua tokoh itu sebagai perpaduan pas antara pengalaman dan ide-ide baru. ”Di bawah kepemimpinan mereka, rakyat Selandia Baru akan merasakan manfaat dari pemerintahan yang stabil dan yang mengutamakan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya. 

Sebelum terjun ke dunia politik, English adalah sarjana perdagangan sekaligus sarjana sastra yang malah tekun menggarap lahan sebagai petani. Baru pada 1990-an dia masuk parlemen. Karirnya terus naik di dalam Partai Nasional. Pada 2002, dia menjabat ketua partai. Saat itu Partai Nasional kalah telak dalam pemilihan umum (pemilu). ”Saya belajar lebih banyak dari kekalahan ketimbang kemenangan,” tegasnya. (AFP/Reuters/hep/c11/sof/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #international 

Berita Terkait

HRW Minta Putra Mahkota Saudi Disanksi

Internasional

Apa Kata PKS soal Yerusalem?

Nasional

Calon Pengganti Presiden Zimbabwe ’’Buaya’’

Internasional

Trump Usir Warga Negara Indonesia Korban Kerusuhan 1998

Internasional

IKLAN