Selasa, 25 September 2018 06:54 WIB
pmk

Liga Indonesia

PS TNI Pertimbangkan Pakai Legiun Asing

Redaktur:

INDOPOS.CO.IDMenjadi penghuni juru kunci Indonesia Soccer Championship (ISC), meski tidak ada degradasi, jelas bukan menjadi catatan positif bagi PS TNI. Target keluar dari posisi buncit pun dicanangkan sembari mereka mulai menatap musim depan.

Pelatih PS TNI Suharto AD mengatakan, manajemen memang baru akan menggelar evaluasi setelah mereka menjamu Persiba Balikpapan di pekan terakhir (17/12).

Namun, Suharto mengatakan, mulai memikirkan gambaran skuad yang akan dipersiapkan untuk musim depan. Tak tanggung-tanggung, dia menyebut hanya 25 persen dari komposisi saat ini yang bakal dipertahankan.

”Kami memang harus merombak besar-besaran jika ingin eksis di kompetisi mendatang,” tuturnya ketika dikonfirmasi kemarin (12/12).

Nantinya, Suharto beserta tim pelatih yang lain bakal mulai mencari pemain dengan kualitas yang lebih baik. Termasuk mulai mempertimbangkan mencari penggawa asing.

Mantan arsitek PSMS Medan itu mengakui, tanpa adanya tenaga asing di dalam timnya, mereka keteteran selama mengarungi ISC dengan hanya catatan tujuh kemenangan dan empat kali seri dari 31 matchday yang sudah dijalani.

Karena itu, kemungkinan mereka bakal mulai mempertimbangkan memakai tenaga legiun internasional. ”Namun, bisa atau tidaknya kami serahkan kepada manajemen,” tutur pelatih dengan lisensi C AFC tersebut.

Ketika ditanyakan sektor manakah yang bakal menggunakan pemain asing, Suharto menjawab bahwa tiga sektor, belakang, tengah, depan, masuk ke dalam prioritasnya.

Untuk sektor pertahanan, Suharto menjelaskan, bakal membutuhkan seorang bek sentral dengan kemampuan bagus dalam marking. ”Untuk lini tengah, saya masih mengevaluasi apakah membutuhkan gelandang bertahan ataukah gelandang serang, dan satu striker,” paparnya.

Apakah sudah mulai mencari kandidat pemain yang dimaksud? Suharto dengan tegas menampik hal itu.

Sebabnya, dia masih harus menunggu evaluasi yang dilakukan tim pasca pekan terakhir ISC. ”Jadinya, saya belum berpikir untuk mulai melihat-lihat pemain asing dengan kualitas yang saya inginkan,” urainya.

Lebih lanjut, Suharto yang berhasil mempersembahkan Piala Kemerdekaan September lalu bersama PSMS tersebut berharap bahwa mereka bisa meraup tiga poin ketika memjamu Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti sore ini.

Dengan jarak empat poin dari peringkat 17 Persegres Gresik United (29-25), dan lima angka dari Barito Putera dua strip di atas mereka, Suharto menegaskan mereka harus bisa menyapu bersih tiga laga kandang tersisa jika ingin lolos dari jerat degradasi.

Tentu, tak mudah untuk melawan Bhayangkara. Menurut Suharto, Bhayangkara adalah tim yang dihuni oleh para pemain potensial serta memiliki permainan yang bagus. ”Namun, kami harus menang agar mental anak-anak terangkat,” tuturnya.

Terpisah, Media Officer Bhayangkara Eko Yudiono,menyatakan, motivasi mereka tengah bagus menyusul kemenangan 3-0 dari Persela Lamongan (9/12). ”Dengan 18 pemain yang dibawa coach Ibnu Grahan, kami berharap tren positif tersebut bisa terjaga,” ulasnya. (apu/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-indonesia 

Berita Terkait

Kiper Menjadi Striker

Liga Indonesia

Liga 1 2018 Lebih Baik dari Musim Lalu

Liga Indonesia

Bentrok, 4 Suporter Sepakbola Luka-luka

Liga Indonesia

Stadion Mandala yang Tak Lagi Angker

Liga Indonesia

Resmi, Tiga Bintang Sriwijaya Hengkang ke Malang

Liga Indonesia

IKLAN