Selasa, 20 November 2018 07:01 WIB
pmk

Lifestyle

Zhang Linhai Ingin Menginspirasi Seniman Indonesia

Redaktur:

MELIHAT KARYA: Pelukis asal Tiongkok Zhang Linhai terlihat antusias membuka pameran tunggalnya di Museum Nasional, Jakarta, bertajuk The Leftover Banquet, Minggu (11/12).

INDOPOS.CO.ID - Linda Gallery Jakarta sukses membuka pameran tunggal karya seniman Tiongkok Zhang Linhai di Museum Nasional, Jakarta, Minggu (11/12). Pameran tunggal bertajuk ”The Leftover Banquet” itu digelar 11-18 Desember mendatang. 

Pameran tersebut juga sekaligus menutup rangkaian tur pameran Zhang Linhai sebelumnya, di Beijing dan Singapura. Pemilik Linda Gallery Linda Ma membenarkan, bahwa sejak awal dirinya sudah menjadwalkan pameran sang seniman di Jakarta. 

”Karena saya melihat antusiasme dari pecinta seni di Beijing dan Singapura sangat besar. Saya rasa, publik Jakarta juga harus berkesempatan untuk melihat karya apik Zhang Linhai,” ucapnya dalam pembukaan, Minggu (11/12).

Linda mengaku kagum dengan sang seniman sejak pertama kali melihat karyanya. Meski awalnya tidak memahami apa yang ingin disampaikan Zhang Linhai lewat goresan kuasnya, tapi dirinya bisa merasakan emosi yang dalam dari sang pelukis.

Banyak menggunakan banyak warna gelap dalam lukisannya, Zhang Linhai seperti ingin melukis kehidupan masa lalunya yang getir. Lahir di Provinsi Hebei, Tiongkok, 52 tahun silam, dia tidak hanya terlahir di keluarga miskin, tapi juga didiagnosa menderita lima macam penyakit di usianya yang masih dini.

Ketika anak-anak kecil menikmati masa bermain, Zhang Linhai malahan harus berkutat dengan penyakitnya yang tak berujung. Selain tragis karena mengalami kelumpuhan tulang belakang, Zhang Linhai kecil juga harus melihat bagaimana sang ayah menjadi korban dalam pergolakan politik di Tiongkok kala itu.

Melukis, adalah caranya melarikan diri dari semua penderitaan. Masa lalu yang getir dia tuangkan dalam lukisan.

Dia mengambil karakter anonim, homogeny, dan menempatkan mereka dalam isolasi, tapi kadang-kadang juga di tengah massa. Setelah hampir 30 tahun, lukisan seniman yang karyanya sudah melanglang buana hingga ke Amerika dan Eropa itu mulai terlihat berubah.

”Saya kembali menemukan ”hidup” dan mulai berani bermimpi setelah melukis secara profesional,” jelas sang seniman lulusan The Tianjin Academy of Fine Art (1990) itu. Di tengah kesulitan hidup sebagai petani pra sejahtera, Zhang Linhai akhirnya lulus dari bangku kuliah. 

Sejak itu, dia mulai melukis profesional dan dikenal masyarakat sebagai salah satu seniman Tiongkok yang sukses mengubah kepahitan hidup menjadi seorang jenius di bidang seni. Zhang Linhai yang dikenal sebagai pelukis surealis berhasil menangkap gejolak revolusi kebudayaan di Tiongkok. 

Terinspirasi oleh tragedinya pada masa kanak-kanak, kemiskinan, dan cacat fisik yang dia alami membuatnya mampu membuat karya dengan menciptakan dunia ilusi melalui kisah yang pernah melaluinya. ”Saya seorang kontemplatif. Ada tahun tertentu ketika saya selalu ingin melihat ke belakang dan merasa bahwa saya sudah berjalan terlalu jauh. Kemudian saya kembali datang untuk menyadari dan berpikir tentang masa depan,” ungkapnya di tengah pembukaan pameran.

Karya-karya yang dia munculkan mengartikulasikan sejumlah emosi, kesedihan, ketakutan, kesedihan, dan keterasingan. Tapi di satu sisi, dia menonjolkan sosok seorang anak muda berkepala botak yang berani bermimpi tentang kebebasan.

Sosok itu dia munculkan sebagai penghormatan kepada semangatnya yang terus-menerus dalam hidup. Kolektor seni, Sunyata Wangsadarma sangat kagum dengan goresan kuas Zhang Linhai.

”Zhang Linhai mampu menjadi jenius dalam lukis karena terlalu lama menderita. Dia sanggup mengubah kepahitan hidup menjadi sebuah karya lukis yang membawa harapan,” pujinya.

Maka itu, dia berharap kedatangan Zhang Linhai ke Jakarta bisa menginspirasi seniman tanah air untuk tidak pernah patah semangat menghadapi berbagai tantangan. Sebaliknya harus mampu mengubah kesulitan menjadi sebuah karya seni yang indah. (sic)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pameran 

Berita Terkait

Belasan Seniman Yogyakarta Pamerkan Karya Seni

Jakarta Raya

Tampilan Menawan Lace & Manik

Jakarta Raya

Karya Seni Berbalut Harapan

Jakarta Raya

Pameran Produk UKM Khas Perajin Jakut

Jakarta Raya

IKLAN