Minggu, 23 September 2018 03:58 WIB
pmk

Lifestyle

Sunat Teknik Klem Makin Populer

Redaktur:

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Anak harus dalam keadaan nyaman dan senang saat dikhitan atau sunat. Setidaknya mereka tidak dalam keadaan ketakutan atau memang atas kemauan sendiri. Metode sunat kini makin modern, salah satunya teknik klem.

Teknik klem dijamin paling aman bagi anak. Prosesenya yang cepat dan pasca sunat yang cepat sembuh dengan teknik ini, menjadi teknik yang diakui organisasi kesehatan dunia WHO.

“Jangan sampai anak dibawa ke sunatan massal. Karena pasti tegang melihat teman-temannya menangis. Lalu khawatir tenaga medisnya belum mahir. Teknik klem yang paling aman diakui WHO,” kata Pakar Sunat dan Pendiri Rumah Sunatan, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS.

Sunat dibedakan menjadi tiga metode yaitu tradisional, konvensional, dan modern. Tradisional seperti diterapkan di pedesaan masih pakai alat pisau, golok atau bambu. Sunat konvensional masih melarang anak-anak untuk beraktivitas pasca sunat. Sedangkan teknik sunat modern yaitu teknik klem.

“Ada yang modern sekarang, boleh mandi, main sepeda, berenang. Dan cepat pengerjaannya. Teknik klem hanya 5 menit. Konvensional 15 menit,” jelasnya.

Mahdian menjelaskan sunat metode teknik klem sedang bannyak digemari di negara maju di dunia. Metode ini sederhana dan  cepat.

“Tak akan terjadi infeksi silang. Kalau konvensional, gunting yang dipakai untuk anak yang satu sama dengan yang lain. Tak ada jaminan steril. Sedangkan klem sekali pakai buang. Paling aman,” jelasnya. (cr1/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peristiwa 

Berita Terkait

Begum Kulsoom Menghadap Sang Maha Kuasa

Internasional

Didenda Rp 16,1 Juta karena Iseng

Internasional

Seorang Pria Tewas di Diskotik

Jakarta Raya

Usai Berobat, IRT Tewas Dianiaya Orang Gila

Megapolitan

31 Tahun Menghilang, Jasad Pendaki Wanita Ditemukan Di Elbrus

Internasional

IKLAN