Minggu, 23 September 2018 07:28 WIB
pmk

Lifestyle

Datanglah ke Lombok pada 2017, Ini Evennya

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID  - Pemerintah Daerah Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) melaunching  Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (15/12). 
 
Dalam kalender even itu, pemerintah NTB menargetkan 4 juta kunjungan wisman untuk tahun 2017.  Target ini dianggap fantastis dan mendapat apresiasi dari Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (DBP3N Kemenpar) Esthy Reko Astuty.

"Tahun ini target wisman itu 12 juta.  Kalau Lombok dan NTB berhasil menyumbang 1,5 juta saja sudah bagus, kita tinggal menyisir sisa nya dari destinasi lain," ujarnya. 

NTB masuk dalam sepuluh target prioritas Pemerintah sehingga cukup diandalkan dalam menggaet kunjungan wisman.  Terlebih berbagai prestasi yang diperoleh NTB belakangan ini semakin mendunia membuat nama Lombok dan berbagai destinasi di NTB makin berkibar memberikan dampak positif untuk kunjungan wisatawan. 

Penghargaan  pada tahun 2015 lalu sebagai World's Best Halal Tourism Destination  dan  The World’s Best Halal Honeymoon Destination. Tahun ini sebagai World’s Best Halal Beach Resort (Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok), World’sBest Halal Tourism Website (www.wonderfullomboksumbawa.com),  dan World’sBest Halal Honeymoon Destination (Sembalun Village Region, Lombok).

“NTB memiliki Mandalika sebagai kawasan resort kelas dunia yang ditetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas  atau ‘Bali Baru’  yang akan menarik kunjungan wisman dan wisnus. Dengan diluncurkannya kalender event pariwisata Lombok-Sumbawa 2017 merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi Mandalika,” kata Esty Reko. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Lalu Mohammad Faozal mengatakan, Lombok Sumbawa  memiliki daya tarik wisata yang bertumpu pada budaya (culture), alam (nature),  dan buatan (man made). 

“Semua potensi pariwisata ini akan ditampilkan dalam berbagai event menarik selama satu tahun atau sebagai  calender event.  “Tahun 2017 kita akan menampilkan 22 even pariwisata. Event unggulan ini tersebar di 10 kabupaten dan kota NTB,” kata Mohammad Faozal. 

Faozal menjelaskan, potensi alam (nature) NTB berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, beranekaragam hayati, serta  potensi budaya (culture) menempatkan pariwisata NTB memiliki daya saing kuat. 

“Lombok-Sumbawa  memiliki kekayaan budaya yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat seperti Bali, Sasak, Samawa dan Mbojo. Kekayaan budaya ini kita tampilkan dalam event-event menarik,” kata Mohammad Faozal. 

Sejumlah event pariwisata unggulan yang digelar di Lombok-Sumbawa  pada 2017 antara lain; Lombok Sumbawa Great Sale (1 Januari-30 Januari); Pesta Rakyat Bau Nyale (Februari); Festival PesonaLawata, Festival Pesona Tambora (11-19 April), Lombok Sumbawa Pearl Ferstival (10-12 Juni), dan banyak lagi. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN