Minggu, 23 September 2018 01:54 WIB
pmk

Lifestyle

Waspada, Seseorang Tak Sadar Sudah Terkena Diabetes

Redaktur:

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Masyarakat perkotaan saat ini rentan terkena penyakit degeneratif, salah satunya diabetes. Gaya hidup yang tidak dapat mengontrol gula darah membuat masyarakat tak sadar jika mereka sudah terkena diabetes.

Data dari International Diabetes Foundation (IDF) tahun 2015 lalu menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen atau lebih dari 193 juta penyandang diabetes tidak menyadari bahwa dirinya menderita diabetes. Sementara hampir seluruhnya menderita diabetes tipe 2.

Semakin awal kasus diabetes bisa terdeteksi, semakin cepat pengobatan dapat diinisiasi untuk bisa menghindari berbagai komplikasi yang berbahaya dan biaya pengobatan yang mahal.

Seseorang dengan diabates tipe 2 bisa hidup beberapa tahun tanpa menunjukkan gejala apapun, dimana pada saat itu kadar gula yang tinggi (hiperglikemi) secara diam-diam bisa merusak berbagai organ tubuh.

“Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mendeteksi, mendiagnosa dan menyediakan akses terhadap layanan pengobatan yang tepat untuk para penyandang diabetes,” kata Ketua PB Persadia, Agung Pranoto.

Masyarakat diimbau menerapkan gaya hidup sehat dalam mencegah dan mengobati Diabetes sejak dini. Penyakit diabetes berisiko mengalami komplikasi lainnya yang bisa disebabkan oleh kadar gula tinggi.

“Hampir 70 persen atau 160 juta kasus diabetes tipe 2 di tahun 2040, dapat dicegah atau ditunda, dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat,” katanya. (cr1/JPG)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN