Hukum

Tempat Sidang Ahok Kedua Masih Dirahasiakan

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Tempat Sidang Ahok Kedua Masih Dirahasiakan - Hukum

DI SANA SAJA YA: Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto: dok.jawa pos

INDOPOS.CO.ID- Mapolda Metro Jaya terus lakukan pengamanan persidangan kasus penistaan agama dengan tersangka, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Opsi pengalihan tempat pada sidang kedua pun muncul karena alasan keamanan.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana mengatakan, pihaknya telah mengajukan opsi pemindahan tempat persidangan kedua Ahok pada Selasa (23/12) mendatang. Hal tersebut telah diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara (Jakut). "Masih menunggu jawaban dari petugas PN Jakut," jelasnya. "Bukan di PRJ ya," imbuhnya.

Menurut dia, pergantian tempat disebabkan karena alasan keamanan. Pihaknya telah mengevaluasi beberapa poin pasca persidangan pertama pada Selasa lalu (13/12). "Ada potensi dipindah. Tapi, belum fix untuk tempat persidangannya di mana," papar dia.

Berdasar evaluasi sidang pertama, lanjut dia, banyak sidang yang tertunda karena akibat penyelenggaraan sidang Ahok. Kemudian antusias masyarakat yang ingin menonton juga menjadi pertimbangan. "Waktu itu (sidang pertama, Red) jalanan sekitar PN kan rame banget," tuturnya.

Akibat keramaian itu pun, kepadatan lalu lintas sempat terjadi. Nah, supaya tidak terjadi lagi, Suntana mengusulkan tempat yang aman, tenang, dan luas. "Kalau lalu lintas padat, kasihan orang yang mau melintas juga," ujar Mantan Kapolres Jakarta Barat itu.

Dia menuturkan ada beberapa tempat yang telah diusulkan oleh pihaknya. Yakni, diantaranya Cibubur dan Ragunan. Namun, sayangnya, dirinya enggan membeberkan terlebih dulu secara detail mengenai lokasi pasti. "Sabar ya," ucapnya, lantas tersenyum.

Dia memastikan secepatnya bakal diinfokan lokasi fix untuk persidangan tersebut. Dia meminta publik untuk tetap tenang dan bersabar. "Percayakan jalannya hukum kepada aparat hukum," terang dia. Tidak terprovokasi hingga tersulut amarah adalah hal penting, lanjut dia. Namun, menurutnya, masyarakat Jakarta bisa melakukan itu. "Tidak mudah terprovokasi hanya karena masalah kecil," ucapnya.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Almahmud Gunawan pakar hukum angkat bicara mengenai gagasan pemindahan itu. Dia menyebutkan pemindahan tersebut adalah upaya gesit petugas pengamanan.

Keamanan seseorang juga menjadi hak siapa pun. Termasuk misal sebagai seorang tersangka. "Dipindah karena alasan pengamanan cukup wajar kok," ucap alumnus Universitas Leiden itu. Rasa aman adalah hak semua orang, lanjutnya.

Ketua Tim Hukum Ahok  Sirra Prayuna mengaku belum mendapatkan informasi terkait pemindahan tersebut. Sepengetahuannya, sidang Calon Gubernur Nomor Urut 2 Basuki T. Purnama masih tetap digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada Nomor 17, Jakarta Pusat.

 ’’Belum ada konfirmasi. Sidang terakhir sebelum ditutup Majelis Hakim sampaikan kepada semua pihak baik kami, jaksa maupun terdakwa sendiri, sidang akan dilanjutkan Selasa (20/12), tempatnya di situ (PN Jakarta Utara, Red),’’ kata Sirra.

Meski ada isu pemindahan,  Sirra  mengaku kalau sidang perdana kliennya, yang kerap disapa Ahok itu berjalan lancar, tidak ada hambatan. Sidang perdana itu berjalan seperti yang diharapkannya dan juga Tim Pemenangan Ahok-Djarot, karena berjalan tertib. ’’Kalau alasan (pemindahan) karena kemacetan, nggak ngerti saya,’’ ujarnya.

Sebab, sesuai pengamatannya, sidang itu aman-aman saja, tidak ada keributan. Menurutnya, kemacetan pasti bisa diatasi oleh aparat kepolisian. ’’Polri kan bisa koordinasi dengan pihak Pengadilan Jakarta Utara,’’ tegasnya.

Lebih lanjut, soal persiapan tim hukum untuk persidangan kedua Ahok, Sirra menyatakan tidak ada yang khusus. Agendanya, hanya mendengarkan tanggapan. ’’Kami hanya mendengar eksepsi penasihat hukum, paling sekitar 10 menit,’’ jelasnya. Lantaran agendanya hanya itu, dia dan tim-nya tidak menyiapkan apapun yang khusus.

Selanjutnya, saat ditanyakan kemungkinan Ahok ditahan, Sirra menyerahkannya kepada Majelis hakim. Yang pasti, katanya, kami belum ada pikiran ke arah situ. Makanya, dia enggan membeberkan persiapan jika Ahok ditahan usai persidangan selanjutnya. (sam/rya/JPG)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Polisi Masih Melakukan Pendalaman Kasus

Jakarta Raya / Seri Anyar Sapa Penggemar


Baca Juga !.