Hukum

Berantas Pungli Bentuk Nyata Revolusi Mental

Redaktur:
Berantas Pungli Bentuk  Nyata Revolusi Mental - Hukum

Wiranto

INDOPOS.CO.ID - Pemberantasan pungutan liar (pungli)b adalah implementasi nyata dari unsur yang terkandung dalam revolusi mental, yakni disiplin. Demikian dikemukakan   
Menko Polhukam, Wiranto,

Untuk itu, ia meminta seluruh Kementerian dan Lembaga pemerintahan berkomitmen penuh menyapu bersih praktik kotor tersebut. Tindakan pengawasan dan pencegahan pungli harus selalu dipraktekkan dalamm pekerjaan sehari-hari. 

‎"Itu merupakan embrio disiplin nasional," kata Wiranto di Car Free Day, Jakarta, Minggu (18/12).

Seperti diketahui, ada sinergi yang dibangun antar seluruh Kementerian Lembaga di Indonesia dalam menangani pungli. Menko Polhukam sendiri membawahi tim sapu bersih pungli di kantornya. Semua laporan dari masyarakat masuk ke database untuk diproses dan kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian Lembaga terkait.

Nah, sinergitas tim ini yang bertugas menjaga disiplin nasional bisa diraih. Tim tak akan berhenti hingga pungli yang sudah menjadi budaya itu lenyap dari nusantara. Selama masih ada pungutan tak sesuai, Wiranto menjamin tim tersebut masih terrus bekerja.

"Saya akan terus-menerus mengikuti program ini, sampai pungli bersih dari Tanah Air," imbuhnya.

Sejak diresmikan beberapa bulan lalu hingga saat ini, tim satgas telah menerima belasan ribu laporan. Angka pastinya ada 17. 600 laporan praktik pungli dari masyarakat. "Laporan dari satgas, sudah mencapai 17.600 laporan itu bukan sedikit, banyak sekali. Masyarakat tidak ragu dan takut melaporkan kegiatan pungli dimana pun kepada satgas," ujarnya.

Lebih lanjut Wiranto mengaku tak melihat begitu saja soal banyaknya laporan. Ia dan tim berusaha menelusuri adanya keterkaitan antara pungli dengan kasus tertentu. Mantan Menhankam Pangab itu menjelaskan‎ bukan tidak mungkin akan ada pejabat yang ditangkap karena penelusuran ini.

Sementara, ada 22 kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang didasari tindak lanjut laporan pungli. "Tapi kita akan terus melakukan evaluasi-evaluasi, melakukan sesuatu gerakan tersembunyi dari laporan masyarakat, untuk bisa masuk," demikian Wiranto. (adn)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Wahidin: Stop Pungli di Banten Lama

Megapolitan / Pungutan KIR Dilaporkan ke Saber Pungli

Banten Raya / Cegah Pungli, BPN Lebak Gencar Sosialisasi PTSL

Banten Raya / Bupati Ancam Pecat Pelaku Pungli


Baca Juga !.