Kamis, 15 November 2018 10:08 WIB
pmk

Liga Italia

Clean Sheet ke-200 Buffon

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Kesuksesan Juventus memenangkan campione d'inverno tidak lepas dari performa gemilang yang ditunjukkan sang kapten sekaligus penjaga gawang Gianluigi Buffon. Dari laga tersebut pula, Gigi-sapaan akrabnya, akhirnya menorehkan 200 clean sheet sepanjang karirnya, sekaligus terbanyak di panggung Serie A.

Memang, pada duel dengan AS Roma itu Gonzalo Higuain yang mencetak gol penentu kemenangan. Namun, Gigi layak mendapatkan kredit lantaran meski hanya dua kali melakukan penyelamatan dari tembakan Fiego Perotti pada menit ke 77 dan tandukan Stephan El Shaarawy (87').

Musim ini, kiper kawakan kelahiran Tuscany, Italia itu telah menjaga gawang Juve tetap steril sebanyak sembilan laga. Dan baru 16 kali kebobolan dari semua ajang kompetisi yang dilakoni I Bianconeri-julukan Juventus. 

Menjadi kiper terbaik di tanah Italia tidak lantas membuat Gigi jemawa. Kiper yang telah mencatatkan 473 caps bersama Juve sejak 2001 itu menilai bahwa timnya telah bekerja ekstra keras dari lawan-lawan yang berat pada beberapa pekan ini.               

''Di Italia, yang kebobolan lebih sedikit gol biasanya menang,'' kata Gigi kepada Sky Sport Italia. ''Bahkan, apabila tahun ini kami kurang bagus ketimbang musim-musim sebelumnya, tetapi, bagaimanapun juga musim ini sangat berat untuk semua tim,'' tambah kiper 38 tahun itu.

Tentu saja torehannya kali ini berhasil membungkam keraguan dari beberapa pihak . Sebagaimana diketahui, di usianya yang nyaris berkepala empat, Gigi dinilai sudah tidak layak berada di Juventus. Dia juga mendapat sejumlah kritik setelah melakukan blunder.

''Ketika saya membuat kesalahan, itu dianggap seperti bencana dan orang-orang mengatakan saya sudah tua,'' ujar mantan kiper Parma itu. '' Saya mudah dikritik karena saya 38 tahun, tetapi, kenyataannya saya juga berbuat kesalahan ketika berumur 30 dan 2,'' tambahnya lagi.

Kritikan pedas tersebut justru tidak membuat mentalnya ambruk. Tingginya jam terbang yang sudah dia lakoni sekaligus kemampuannya untuk tetap stabil menjaga kondisi terbukti berhasil menjaga kans Juve untuk mempertahankan scudetto. Bagi kiper bertinggi 191 cm itu, usianya yang tidak muda memang menjadi periode yang rawan kritik.

Beberapa catatan penting yang sudah dia dapatkan musim ini adalah menjadi satu-satunya pemain dari Italia yang menembus nominasi 20 besar Ballon d'Or. Sebelumnya, Gigi sudah memecahkan rekor tidak kebobolan terlama di Serie A milik Sebastiano Rossi yang sudah bertahan sejak musim 1993/94, yakni selama 974 menit atau dalam sepuluh laga berturut-turut.

''Saya tidak putus asa setelah berbuat salah karena seseorang bisa melakukannya dalam setahun atau dua tahun - namun tidak lebih,'' katanya. ''Saya sangat kritis terhadap diri sendiri. Apabila suatu hari saya sadar bahwa kesalahan tersebut disebabkan oleh saya sendiri yang tidak membaca situasi dengan baik, maka saya akan jadi yang pertama angkat tangan dan pensiun

Kritikan-kritikan tersebut malah dianggap Gigi sebagai tambahan motivasi sebelum akhirnya dia memutuskan pensiun di kala tidak ada hal yang perlu dia buktikan lagi. Kontraknya bersama Juve memang akan berakhir pada 2018. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda dari Juve soal kelanjutan kontraknya. (okt)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-italia 

Berita Terkait

Bukan Striker Bengal

Indosport

Badai Bikin Tuan Rumah Gigit Jari, Genoa 1 vs Napoli 2

Liga Italia

El Faraon Pembeda

Liga Italia

Kontra Juventus, Don Carlo Dibikin Pusing Tujuh Keliling

Liga Italia

Jamu Fiorentina, Inter Siap Kikis Ancaman Trio Terlaris

Liga Italia

Jadwal Lengkap Pekan Keenam Serie A 2018-2019

Liga Italia

IKLAN