Selasa, 20 November 2018 11:06 WIB
pmk

Tekno

Alfacart Perkuat Strategi O2O

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

SINERGI: Pengumuman komitmen Alfacart untuk memperkuat strategi layanan Online-to-Offline (O2O). Foto: dewi Maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Alfacart.com, marketplace di industri e-Commerce Indonesia, mengumumkan komitmennya untuk kian memperkuat strategi layanan Online-to-Offline (O2O). Hingga penghujung 2016, Alfacart.com telah bersinergi dengan lebih dari 8 ribu Toko Alfamart untuk menyediakan layanan pengambilan barang (pick up point).

Kemudian 12.389 Toko Alfamart untuk menyediakan layanan pembayaran langsung di kasir toko setempat (pay at store), dan Toko Alfamart yang siap melayani para mitra penjual dalam mengirimkan produk-produk yang dipasarkannya melalui Alfacart.com. ''Kolaborasi sinergis ini menjadikan Alfacart.com saat ini tercatat sebagai pelaku e-Commerce dengan jaringan O2O terbesar di tanah air,'' ujar CEO Alfacart.com Catherine Hindra Sutjahyo.

Catherine mengaku, pihaknya sangat bangga yaitu enam bulan sejak beroperasi pertama kali di Mei 2016, mereka telah mampu menorehkan berbagai pencapaian penting bagi bisnis kami dan juga bagi kepentingan konsumen maupun industri.

''Pertumbuhan transaksi Alfacart.com terus mengalami pertumbuhan signifikan setiap bulannya dan layanan O2O yang menjadi andalan strategis kami telah menunjukkan keberhasilan dalam mendorong masyarakat Indonesia untuk kian meminati transaksi online sekaligus mengurai beberapa simpul persoalan yang selama ini menjadi tantangan industri,'' katanya.

Merujuk pada berbagai survei dan temuan, industri e-Commerce Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti persoalan logistik, pembayaran, infrastruktur, hingga persoalan masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam berbelanja online. Layanan O2O yang dikembangkan secara unik oleh Alfacart.com memungkinkan untuk menjawab berbagai tantangan tersebut.

Dalam hal logistik, jaringan distribusi terluas yang dimiliki oleh Alfacart.com yang terbangun berkat kolaborasi sinergis dengan Alfamart, menjadikan pengiriman barang dengan kualitas terjamin dapat menjangkau hingga ke wilayah yang selama ini belum terjangkau oleh layanan logistik pada umumnya.

Konsumen di wilayah yang selama ini tidak dapat terjangkau oleh layanan pengiriman barang, dapat menuju ke Toko Alfamart terdekat. Hingga Desember 2016, sebanyak +8000 Toko Alfamart telah siap untuk memberikan dukungan layanan Delivery & Pick Up Point untuk pengiriman barang dariAlfacart.com dan pengambilan barang secara langsung oleh pelanggan..

Jaringan O2O terluas yang dimiliki oleh Alfacart juga mampu menjadi solusi atas tingginya kekhawatiran konsumen dalam melakukan pembayaran online. Persoalan pembayaran ini juga termasuk masih rendahnya tingkat kepemilikan akun perbankan masyarakat Indonesia (36%) yang seringkali dibutuhkan dalam metoda pembayaran untuk transaksi online.

Dengan layanan Pay at Store, atau pembayaran langsung di kasir-kasir sejumlah 12.389 Toko Alfamart yang tersebar di hampir seluruh wilayah tanah air, pelanggan Alfacart.com dapat melakukan pembayaran atas pembelian barang-barang secara online melalui Alfacart.com.

''Layanan O2O juga kami kembangkan untuk memberikan fasilitas kemudahan bagi para mitra-penjual yang hendak mengirimkan produk-produk yang dijual melalui Alfacart.com. Melalui fasilias Drop-Off Point di lebih dari 2 ribu Toko Alfamart, kami berharap dapat mendukung optimalisasi kinerja para mitra, khususnya kalangan UKM atau UMKM, dalam mengakselerasi pemasaran mereka,'' katanya. 

Alfacart.com akan terus melakukan inovasi-inovasi layanan O2O-nya sehingga konsumen akan semakin mendapatkan kemudahan serta kenyamanan dalam berbelanja melalui Alfacart.com. Inovasi layanan berbasis O2O yang akan dikembangkan berikutnya di tahun 2017 adalah penyediaan fasilitas Return Point dan Purchase Point. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN