Senin, 19 November 2018 02:00 WIB
pmk

Total Sport

Ucapkan Ultah, Bang Yos Miris dengan Kondisi Persija dan The Jakmania

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Terkait dengan prestasi buruk Persija Jakarta dan banyaknya tragedi negatif yang menimpa suporternya-The Jakmania- memantik komentar salah satu tokoh ternama Persija, Sutiyoso. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sangat sedih dan tragis dengan kondisi ikon Jakarta olahraga nomer satu di Indonesia itu.
 
“ Saya sedih sekali melihat kondisi Persija dan The Jakmania saat ini.  Terus terang, rasanya saya seperti meihat Persija seperti kesebelasan yang saya lihat dua puluh tahun lalu saat belum menjadi Gubernur, sebuah klub ibukota yang acak acakan dan selalu menjadi bulan bulanan lawannya,”ujar pria yang biasa disapa Bang Yos itu.
 
Seperti diketahui, nama Sutiyoso tidak bisa lepas dari klub kebanggaan masyarakat Jakarta. Pria yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta selama 10 tahun ini dikenal memiliki perhatian besar kepada Persija Jakarta.  Pria yang juga mantan Kepala Badan Intelejen Negara itu berperan aktif membina sekaligus mengangkat Persija dari tim papan bawah menjadi Juara Liga Indonesia, dirinya juga terbilang sukses mengubah Persija dari klub tanpa supporter menjadi klub dengan basis supporter terbesar di Indonesia lewat The Jakmania. 
 
Sekalipun hampir satu dekade meninggalkan jabatannya sebagai Gubernur, Bang Yos tidak pernah melupakan memori dan kecintaannya terhadap klub dan organisasi yang pernah dibinanya. 
 
”Kini prestasi Persija terpuruk. Ditambah lagi dengan citra dan perilaku negative Jakmania Ini jelas menjadi perhatian saya,”kata Bang Yos. Sebagai catatan, Persija terakhir kali meraih gelar juara Liga Indonesia pada tahun 2001, dan selama 4 tahun terakhir selalu menghuni papan bawah Klasemen Liga Super Indonesia sampai saat ini.
 
“ Papan bawah itu bukan tempatnya Persija, sekali lagi saya katakan, itu tidak pantas ! Kita sebagai warga Jakarta harusnya malu kalau Persija jadi klub pecundang.  Ayo sama sama introspeksi, perbaiki manajemen klub, satukan visi dan hindari konflik internal,”beber Bang Yos.
 
Lebih lanjut Bang Yos menekankan, solusi efektifnya adalah perlunya merangkul para pebisnis di Jakarta sebagai sumber pendanaan klub saat ini, karena menurutnya berbeda dengan di era tahun 2000-an yang saat itu APBD masih diperbolehkan. ” Namun kini kondisinya adalah penggunaan APBD saat ini sudah dilarang, sehingga sector swasta menjadi sektor utama yang harus digarap.  Selain itu peran Pemerintah Daerah juga diharapkan kembali hadir minimal sebagai katalisator pembinaan klub dan organisasi supporternya,”ujarnya tegas.
 
Ucapkan Selamat Ulang Tahun The Jakmania
         
Sementara itu,  khusus untuk The Jakmania yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke 19, bang Yos menitipkan pesan khusus. Kata dia, salah satu faktor terpenting untuk menentukan bangkitnya persija menurutnya adalah kekuatan The Jakmania. ”Selain sebagai sumber semangat tim, saya yakin, tidak akan ada sponsor yang mau mendanai Persija apabila jakmania tidak bisa merubah image.  Jakmania yang saya tahu adalah supporter teladan, saya yakin sekali image yang muncul sekarang bukanlah Jakmania yang sesungguhnya,”ujar Bang Yos.
 
Seperti diketahui, di era Bang Yos, The Jakmania dikenal sebagai salah satu barometer supporter kreatif Indonesia, dan tercatat pernah dinobatkan sebagai Supporter Terbaik di tahun 2004 dan 2008.  Beberapa entitas bisnis dan edukasi seperti SWA, Prasetya Mulya sampai Ciputra Foundation bahkan sempat memberi perhatian khusus kepada kelompok supporter yang berdiri tahun 1997 ini.
 
“ Jakmania yang saya kenal lebih baik dari sekarang,  dulu kalian pernah menjadi yang terbaik dan yakinlah kedepan kalian pasti bisa menjadi lebih baik kalau punya tekad dan bisa beradaptasi dengan tantangan kedepan.  Mudah mudahan usia ke 19 Jakmania ini menjadi awal bangkitnya Jakmania dan Persija Jakarta,”jelasnya.(*)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN