Minggu, 23 September 2018 04:02 WIB
pmk

Total Sport

Hopkins Tutup Karir dengan Tragis

Redaktur:

TERJUNGKAL:Petinju legendaris Bernard Hopkins kalah TKO di ronde kedelapan dengan cara terjungkal keluar ring atas pukul bertubi-tubi Smith. Wasit menghentikan pertandingan karena ada cedera pada engkelnya bukan karena duel itu.

INDOPOS.CO.ID - Petinju legendaris Bernard Hopkins menutup karier di dunia tinju dengan tragis. Di pertarungan yang menjadi panggung terakhirnya setelah 28 tahun bergelut di tinju professional, petinju 51 tahun itu harus mengakui keunggulan lawannya, Joe Smith Jr dengan kalah TKO. Itu sekaligus menjadi kekalahan TKO kali pertama Hopkins sepanjang karier.

Makin tragis karena Hopkins kalah TKO di ronde kedelapan dengan cara terjungkal keluar ring. Laga tersebut berlangsung di The Forum, Inglewood, California, Minggu (18/12). Saat ronde kedelapan tersisa dua menit 30 detik, Hopkins tersudut di salah satu pojok ring. Di saat itulah tanpa ampun Smith yang 24 tahun lebih muda dari Hopkins (27 tahun) mentatar Hopkins dengan empat kali pukulan hook kombinasi kanan dan kiri.

Saat pukulan keempat Smith dengan hook kiri telak mendarat ke wajah Hopkins, petinju yang sudah 67 kali naik ring itu seketika terjungkal keluar dan terjatuh ke bawah keluar dari ring. Hopkins sejatinya tampak tetap sadar. Namun, dia kesulitan untuk bangkit lantaran mengeluh kesakitan pada engkel kakinya. Dokter pertandingan pun langsung memutuskan laga harus diakhiri.

 “Kepalaku terluka. Engkelku juga. Aku tahu ada hitungan 20 detik. Tapi aku tidak dapat berdiri. Aku bisa berjalan tapi kesulitan bergerak naik ke ring,” ucap Hopkins dilansir Mirror.

Kekalahan ini membuatnya mengakhiri karier di dunia tinju dengan rekor 55 kali menang (32 KO), 8 kali kalah, dan 2 kali draw. Pertarungan kemarin sendiri menjadi kali pertama dirinya comeback setelah kali terakhir naik ring 25 bulan lalu.

Lepas dari hasil laga kemarin, petinju asli Pennsylvania, Amerika Serikat tersebut adalah salah satu legenda tinju yang pernah lahir. Dia pernah memecahkan rekor dengan mempertahankan sabuk juara dunia kelas menengah 20 kali berturut-turut sejak 1994 sampai 2005.

Pada 2011 dia menahbiskan diri sebagai petinju tertua yang mampu merengkuh sabuk juara dunia. Saat itu dia merebut sabuk juara dunia kelas berat ringan WBC dari petinju Kanada Jean Pascal. Saat itu Hopkins berusia 46 tahun. Tiga tahun berselang (2014), dia menahbiskan diri sebagai petinju tertua yang mampu mempertahankan sabuk juara dunia di usia 49 tahun pada kelas yang sama. (irr)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tinju 

Berita Terkait

Petinju Indonesia Kurang Jam Terbang

Total Sport

Malam ini, 5 Petinju Berduel di Jakarta Big Fights

Total Sport

Gagal ke Semifinal, Blasius Tuding Hakim Kurang Fair

Total Sport

Petinju Mario Melaju, Libertus Gagal

Total Sport

Mario Blasius Bungkam Petinju Sri Lanka

Indosport

IKLAN