Sabtu, 22 September 2018 06:43 WIB
pmk

Total Sport

Federer Salut dengan Pencapain Murray

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Andy Murray berhasil merebut status petenis peringkat satu dunia dari tangan Novak Djokovic di akhir 2016. Roger Federer salut dengan pencapaian Murray. Petenis berusia 29 tahun itu mulai menunjukkan dominasinya di paruh kedua musim. Diawali dari titel juara Wimbledon, Murray juga sukses merebut medali emas Olimpiade Rio de Janiero, trofi China Terbuka, Shanghai Masters, Wina Terbuka, dan Paris Masters.

Pertarungan penentuan petenis nomor satu terjadi di ATP World Tour Finals, November lalu. Muray dan Djokovic saling berhadapan di partai puncak, yang akhirnya dimenangi petenis Skotlandia itu dengan skor 6-3, 6-4. Sukses Murray diakui Federer sebagai kejutan. Pasalnya, Djokovic memperlihatkan penampilan yang cukup konsisten meskipun tidak sebagus di paruh pertama musim.

"Saya sangat terkejut karena ketika seorang petenis memulai musim seperti yang dilakukan Novak, mencapai impian dia dengan menjuarai Prancis Terbuka dan empat Grand Slam berturut-turut, tentu saja tidak akan ada orang ataupun para pemain yang mulai memikirkan ada orang petenis lain yang bisa finis sebagai nomor satu," ujar Federer kepada New York Times.

Menurut Federer, Novak, terus terang, bukannya dia bermain buruk di paruh kedua musim. Dia memenangi Toronto Rogers Cup. Dia tampil di final banyak turnamen lain. AS Terbuka, ATP World Tour Finals. “Anda akan berpikir bahwa itu akan sudah cukup, tapi apa yang dibutuhkannya adalah sesuatu yang luar biasa. Dan Murray mampu melakukannya, itulah di mana saya angkat topi [untuk dia]sambung maestro tenis asal Swiss ini.

Mantan petenis nomor satu Roger Federer mengaku merasa seperti pensiun saat absen lama. Namun, Federer menegaskan belum memikirkan untuk gantung raket. Petenis legendaris Swiss itu terpaksa melewatkan paruh kedua musim 2016 akibat cedera. Federer absen di Olimpiade Rio de Janiero dan AS Terbuka serta sejumlah turnamen-turnamen ATP Masters.

Alhasil, Federer mengalami penurunan peringkat yang drastis. Petenis berusia 35 tahun itu saat ini menghuni posisi 16, peringkat terendahkan sejak 2001. Meski begitu, Federer sudah siap untuk kembali ke jajaran petenis elite. Bapak dua pasang anak kembar tersebut sudah bugar dan akan kembali mengayun raket di 2017. “Saya merasa seperti pensiun Tiba-tiba, saya bisa bilang: OK, kami akan berada di rumah selama empat pekan berturut-turut di tempat. Siapa yang ingin kamu ajak makan malam, Mirka [istri Federer -- red]? Atau siapa yang sebaiknya kita temui?" kata Federer kepada New York Times. (dts/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #totalsport 

Berita Terkait

Indonesia Ikut Zurkhaneh, Apa Itu?

Total Sport

Jogjakarta dan Jawa Tengah Kuasai Kejurnas Korball

Total Sport

Tekuk Kalbar, Tim Voli Junior Banten Juara Grup

Total Sport

400 Peserta Ikuti Senam Pernapasan

Total Sport

IKLAN