Jumat, 16 November 2018 02:05 WIB
pmk

Liga Italia

Serigala Ibukota Berburu Poin sebelum Natal

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Tidak ada waktu bersantai bagi AS Roma jelang winter break. Sebab, mereka masih harus berburu tambahan poin sebelum libur Natal. Nah, yang menjadi mangsa I Giallorossi-julukan AS Roma adalah Chievo Verona. Kedua tim bakal bertemu di Stadion Olimpico pada giornata ke-18 dini hari nanti.

Kendati nangkring di peringkat kedua klasemen sementara Serie A, skuad besutan Luciano Spalletti itu masih bisa digeser oleh dua pesaing terdekatnya yakni Napoli dan Lazio yang sama-sama memiliki satu laga sisa sebelum paruh musim. Bagaimana tidak, mereka hanya berjarak satu angka dengan Roma yang kini mengoleksi 35 poin.

Namun, Francesco Totti dkk lebih beruntung lantaran menghadapi Chievo yang notabene merupakan tim penghuni papan tengah klasemen di posisi ke-10. Berbeda dengan Napoli yang bakal bersua Fiorentina (23/12) dan Lazio yang bertandang ke markas Inter Milan dini hari tadi.

Roma memang harus menghapus ambisinya untuk menjadi Campione d'Inverno. Kekalahan 0-1 dari Juventus (18/12) membuat kesenjangan di antara mereka semakin jauh lantaran kini Roma terpaut tujuh angka di belakang Juve dalam perburuan gelar.  Nah, I Lupi-julukan lain Roma pun harus segera pulih dan bangkit untuk memenangkan laga melawan Chievo nanti. Itu untuk membuat mereka bisa kembali merapatkan posisi dengan Gianluigi Buffon dkk.

Roma sendiri memiliki catatan positif di kandang musim ini. Peraih scudetto tiga kali itu berhasil meraih poin penuh dari delapan laga di Stadion Olimpico. Itu merupakan capaian terbaik mereka sejak 10 musim terakhir. Mampukah Totti dkk merebut sembilan kemenangan di kandang mereka nanti?

Performa impresif di Olimpico sudah dimulai sejak akhir musim lalu. Total, sudah memenangkan 11 laga beruntun. Berbeda dengan Chievo yang tercatat lima kali gagal membawa pulang poin penuh dari delapan laga tandang musim ini. Ditambah dari rekor pertemuan Chievo dengan Roma, pasukan Spalletti lebih mendominasi (empat kali menang dan dua seri).

Meski demikian, allenatore Roma, Spalletti tidak ingin menganggap remeh kekuatan Gialloblu-julukan Chievo. Hingga giornata ke-17, skuad besutan Rolando Maran itu memenangkan tujuh laga, empat kali menahan imbang dan sisanya pulang tanpa poin.

''(Rolando) Maran telah melakukan pekerjaannya dengan baik,'' kata Spalletti sebagaimana dilansir Calciomercato. ''Dia menempatkan banyak pemain di depan. Tim yang kompak dan barisan penyerang yang tangguh. Seharusnya mereka bisa menguasai bola lebih banyak,'' imbuh manajer 57 tahun itu.

Kewaspadaan Spalletti terhadap kekuatan Chievo memang beralasan. Sergio Pellissier dkk berangkat dengan konfidensi yang tinggi usai tidak terkalahkan dalam empat laga terakhir (tiga menang dan satu seri). Apalagi, kali ini Roma tidak akan diperkuat oleh para pemain pilarnya. Seperti Leandro Paredes, Daniele de Rossi, Kostas Manolas, Radja Nainggolan, dan Mario Rui yang sedang menjalani pemulihan.

Dengan kondisi tersebut, Spalletti kemungkinan bakal menggunakan skema 4-2-3-1. Edin Dzekou yang menjadi pemain tersubur Serie A masih menjadi ujung tombak Giallorossi. Mohamed Salah dengan 8 golnya juga bakal dipercaya untuk menjadi starter menemani Diego Perotti dan Stephan El Shaarawy. Sedangkan Federico Fazio diplot untuk menggantikan Manolas di lini pertahanan.

Sementara tim tamu berangkat tanpa membawa Massimo Gobbi, Gennaro Sardo, dan Perparim Hetemaj lantaran cedera. Namun, itu tidak terlalu berpengaruh terhadap perfoma tim. Sebab, masih ada sang top skorer Chievo Valter Birsa (3 gol) dan Riccardo Meggiorini sebagai juru gedor bersama kapten Sergio Pellissier.

''Roma adalah tim yang sangat kuat, tetapi kami akan baik-baik saja melawan tim yang haus gol seperti mereka,'' kata manajer Chievo Rolando Maran sebagaimana dilansir Rai Sport. ''Saya yakin, kami akan bermain dengan cukup bagus dan bisa memberikan perlawanan kepada mereka,'' imbuh dia.(okt)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-italia 

Berita Terkait

Bukan Striker Bengal

Indosport

Badai Bikin Tuan Rumah Gigit Jari, Genoa 1 vs Napoli 2

Liga Italia

El Faraon Pembeda

Liga Italia

Kontra Juventus, Don Carlo Dibikin Pusing Tujuh Keliling

Liga Italia

Jamu Fiorentina, Inter Siap Kikis Ancaman Trio Terlaris

Liga Italia

Jadwal Lengkap Pekan Keenam Serie A 2018-2019

Liga Italia

IKLAN