Selasa, 20 November 2018 09:01 WIB
pmk

Formula 1

Batal Pensiun, Massa Gabung Williams

Redaktur:

Felipe Massa

INDOPOS.CO.ID Felipe Massa akhirnya membatalkan pensiunnya. Pembalap Brasil tersebut memutuskan untuk menerima tawaran tim lamanya Williams untuk mengisi kursi balap Valtteri Bottas yang diminati Mercedes. Penyelesaian kontrak bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Meski kontraknya belum resmi diumumkan sejumlah sumber telah memastikan kembalinya Massa ke Formula 1. Keputusan itu diambil hanya berselang sebulan setelah balapan terakhirnya di GP Abu Dhabi. Juara dunia F1 2016 Nico Rosberg yang secara mengejutkan memilih pensiun dini.

Mercedes yang kelimpungan kehilangan pembalap Jerman itu, lalu berburu calon penggantinya. Dari semua kandidat yang dirasa layak, semuanya telah terikat kontrak dengan tim masing-masing. Hingga akhirnya pilihan tiba pada Valtteri Bottas. Meski terikat kontrak dengan Williams, pembalap Finlandia itu lebih mudah didekati lantaran berada di bawah manajemen yang dipimpin Bos Mercedes Toto Wolff.

Seperti dilansir sejumlah situs motorsport ternama seperti Crash, Autosport, dan Motorsport, kontrak antara Williams dan Massa hanya tertunda karena libur Natal. Dengan kembalinya Massa ke Formula 1 berdama Williams, sudah hampir dipastikan Bottas akan menyeberang ke tim Silver Arrows. Hanya saja Mercedes telah menyatakan bahwa mereka tidak akan mengumumkan line up pembalapnya sebelum 3 Januari nanti.

Seperti yang pernah diungkapkan Wolff, pemilihan Bottas sebagai tandem Lewis Hamilton didasari dengan alasan stabilitas tim. ''Kami membutuhkan sosok yang tidak meledak-ledak dan mampu meredam konflik yang mungkin terjadi dengan Lewis,'' ungkapnya.

Dari kabar yang belum dikonfirmasi nilai kontrak yang ditawarkan kepada Massa tak sampai EUR 6 juta (Rp 84 miliar) untuk satu tahun. Tepatnya EUR 5,9 juta. Jumlah yang tidak terlalu besar bagi Williams mengingat konsesi yang diberikan Mercedes terkait pelepasan Bottas dan diskon harga mesin yang diberikan.

Mengiringi kabar kembali Massa ke Williams, muncul berita bahwa Direktur Teknis Williams Pat Symonds akan meninggalkan Skuat Grove tersebut jelang dimulainya musim 2017. ''Pat telah menjadi aset besar untuk kami dalam tiga tahun terakhir,'' tulis Deputy Team Principal Williams, Claire Williams dalam pernyataan resmianya. ''Aku ingin berterima kasih kepadanya untuk semua kerja keras dan komitmennya selama ini,'' terusnya.

Pensiunnya Symonds sudah diprediksi beberapa bulan lalu. Kabar tersebut semakin kencang ketika Direktur Teknis Mercedes Paddy Lowe diisukan sebagai kandidat kuat pengganti mekanik berusia 63 tahun tersebut. ''Kami sekarang ingin melihat ke depan dan akan mengumumkan detil terkait jajaran pimpinan departemen teknis,'' terangnya. (cak/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN