Parpol dan Pemerintah Harus Dorong Keterlibatan Perempuan di Ranah politik

INDOPOS.CO.ID – Jumlah kaum perempuan yang terjun ke dunia politik masih terbilang minim. Hal tersebut disebabkan pendidikan politik bagi kaum hawa masih rendah.

"Pendidikan politik perempuan juga masih rendah sehingga enggan untuk masuk ke ranah politik," ujar anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati di Jakarta, Kamis (22/12).

Pandangan itu disampaikannya saat memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Dikatakan mantan selebritis itu, rendahnya kesadaran politik kaum wanita itu disebabkan pandangan awam yang terbangun selama ini. Bahwa politik adalah urusan laki-laki. Sementara perempuan lebih banyak mengurusi rumah tangga.

Menurutnya, kini kaum hawa belum menyadari secara penuh bahwa perjuangan hak-hak perempuan bisa dilakukan di jalur politik.

"Partai politik dan pemerintah harus senantiasa mendorong keterlibatan perempuan di ruang publik dan politik," sambung Okky.

Sementara itu, terpilihnya sejumlah perempuan di jabatan politik seperti kepala daerah diharapkan dapat menunjukkan keberpihakannya kepada perempuan dan anak melalui kebijakan nyata.

"Kepala daerah dari perempuan mestinya lebih sensitif dan peduli terhadap persoalan perempuan," pungkas Sekretaris Dewan Pakar DPP PPP itu. (dna/jpg)

Komentar telah ditutup.