Minggu, 23 September 2018 09:05 WIB
pmk

Tekno

Benarkah Jejaring Sosial Facebook Bikin Sengsara?

Redaktur:

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Musim liburan tetapi tidak kemana-kemana? Jika iya, sebaiknya jangan sering-sering buka jejarin sosial macam Facebook atau IG. Kalau tidak, alih-alih dapat hiburan, Anda bakal tambah sengsara. Lewat penelitian yang dihelat Universitas Copenhagen, Denmark, terbukti kalau sering buka jejaring sosial saat musim liburan dan melihat foto-foto keluarga “sempurna” lain yang lagi liburan malah bikin senewen.

Penelitian itu juga menyebutkan kalau penggunaan sosial media yang berlebihan bisa menciptakan perasaan iri parah. Khususnya, bila pengguna tidak memiliki hubungan sosial di dunia maya yang aktif. Untuk itu, mereka menyarankan agar kita istirahat dari media sosial.

Penelitian itu dilakukan kepada lebih dari 1.300 partisipan yang sebagian besar adalah perempuan. ”Menggunakan media sosial seperti Facebook secara negatif memengaruhi ketenangan emosional dan kepuasan dalam hidup,” tulis penelitian itu.

Penelitian tersebut juga mengingatkan mengenai iri dan kekacuan mood karena terlalu lama melihat cerita sosial orang lain. ”Semua itu memicu perbandingan sosial yang tidak realistis,” tulisnya. Untuk menghindari itu semua, peneliti meminta pengguna jejaring sosial untuk lebih aktif.

”Dari pada melihat foto-foto saja, coba lah untuk aktif berbincang dengan teman-teman di media sosial Anda,” saran penelitian yang dirilis dalam jurnal Cyberpsychology, Behaviour, and Social Networking itu. Mereka yang aktif berbincang di dunia maya lebih tidak murung dibandingkan pengguna pasif yang menghabiskan banyak waktu melototi situs jejaring sosial tanpa terlibat di dalamnya.

”Anda juga bisa mencoba untuk berhenti menggunakan jejaring sosial selama sepekan,” saran mereka. Hal itu bisa memperbaiki ketenangan hidup. Itu juga kalau Anda bisa tahan tidak update status... Semangat!(BBC/tia/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #teknologi 

Berita Terkait

IKLAN