Selasa, 20 November 2018 03:09 WIB
pmk

Total Sport

Sebelum Asian Games Dimulai, 10 Cabor Jalani Test Event Serentak

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang akan diawali dengan test event. Paling tidak ada 10 cabor akan menjalankan test event pada rentang waktu Oktober-Desember 2017. Kegiatan tersebut sekaligus untuk menjajal sejumlah venues yang baru saja mendapatkan sentuhan renovasi.

Adapun 10 cabor yang dimaksud adalah, sepak bola, atletik, panahan, taekwondo, basket, bulutangkis, tinju, pencak silat, voli, dan angkat besi. Khusus sepak bola, Inasgoc sebelumnya sudah menyiapkan sejumlah stadion bekas gelaran PON XIX/2016 lalu untuk bisa dimaksimalkan. 

Stadion-stadion itu antara lain Stadion Pakansari  (Cibinong), Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), dan Stadion Patriot (Bekasi). Stadion tersebut cukup representatif untuk menggelar test event. "Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Jabar juga," terang Gatot S Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi Kemenpora.

Sebenarnya Asian Games nanti akan mempertandingkan 41 cabor. 10 cabor nantinya akan digelar test event secara bersamaan. Lalu, 31 cabor lainnya akan menggelar simulasi secara terpisah. Pembatasan 10 cabor tersebut juga lantaran adanya keterbatasan anggaran dari pemerintah pusat.

"Kami juga masih mengkaji untuk memangkas jumlah nomor event yang dipertandingkan di Asian Games nantinya," beber Erick Thohir, Ketua Inasgoc. Menurutnya, rencana awal anggaran sebesar Rp.8 triliun yang diajukan kepada pemerintah harus dipangkas sekitar 50 persen.

"Itu juga membuat kami harus memangkas pos anggaran tertentu," sebutnya. Khusus simulasi 31 cabor lainnya, Erick menjelaskan kalau kegiatan tersebut akan secara efektif berlangsung sejak awal 2018 hingga menjelang gelaran Asian Games berlangsung. Ini lantaran sebagian besar renovasi venue diperkirakan selesai pada November 2018 mendatang. (nap)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games 

Berita Terkait

IKLAN