Senin, 24 September 2018 02:56 WIB
pmk

Tekno

Ini Loh Aplikasi Penyedot Kinerja Ponsel

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Terlalu banyak aplikasi mempengaruhi kinerja ponsel. Perusahaan yang bergerak dalam produk keamanan digital bagi pengguna pribadi dan bisnis, Avast, menemukan bahwa aplikasi seperti Tinder, Snapchat, Spotify, dan Wattpad merupakan penguras kinerja teratas ponsel Android ketika sedang digunakan.

Dalam laporan bertajuk Avast Android Performance & Trend Report for Q3 2016, Avast menyajikan daftar teratas aplikasi penguras yang diperoleh dengan menghitung total kinerja aplikasi Android yang terkuras pada ponsel pengguna dan mengabungkan dampaknya pada daya tahan bateri, kapasitas penyimpanan dan paket data. ''Aplikasi berita Daily Mail Online dan ynet, bergabung dengan Facebook, Instagram dan aplikasi messaging WhatsCall, masuk dalam sepuluh aplikasi pengkonsumsi kapasitas terbesar tersebut, yang umumnya berjalan secara otomatis pada saat ponsel digunakan,'' ujar SVP and GM Mobile Business Avast, Gagan Singh.

Singh mengatakan, dengan posisi smartphones yang berada di tengah panggung kehidupan digital masa kini, pengguna tidak lagi hanya mengharapkan keamanan online, namun juga pengalaman yang hebat dalam berselancar di dunia maya. ''Hasil penelitian telah membantu kami untuk mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi konsumen dalam menggunakan perangkat miliknya, selain wawasan dan input yang bermanfaat,'' tukasnya.

Menurutnya, daftar kinerja aplikasi yang dirilis oleh Avast merupakan contoh penting bagaimana pihaknya membantu pengguna untuk mengerti tentang penggunaan aplikasi dengan hati-hati. ''Hal itu, untuk memastikan bahwa perangkat mereka akan selalu memiliki kinerja secara maksimal, tanpa membatasi kesenangan kalangan pengguna dalam menikmati aplikasi tersebut,'' imbuhnya.

Menurut Singh, aplikasi pembersih dan pengoptimal smartphones seperti AVG Cleaner for Android, dapat membantu pengguna memonitor aktifitas aplikasi yang boros sumber daya dalam perangkat ponsel miliknya. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #smartphone 

Berita Terkait

IKLAN