Minggu, 18 November 2018 09:03 WIB
pmk

Ekonomi

Mitsubishi Delica, MPV Rasa SUV

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

RASA SUV: Mitsubishi Delica saat membelah jalanan Karanganyar, Jawa Tengah. Foto: Dewi Maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Mendapat kesempatan menjajal mobil sekelas Mitsubishi Delica, tentu tidak bisa disia-siakan begitu saja. Mengingat mobil ini adalah mobil di segmen high Multi Purpose Vehicle (MPV) yang diklaim punya kemampuan Sport Utility Vehicle (SUV). 

Kali ini peserta test drive membawanya ke Tawangmangu, Karangayar, Jawa Tengah untuk merasakan sendiri performa Delica. Berangkat dari Jakarta, mampir sejenak di Solo, perjalanan ke Tawangmangu yang berliku tetap terasa nyaman. Berbicara tentang performa mesin, mobil yang mengusung kapasitas murni 1.998 cc ini, punya nilai plus tersendiri. 

Konfigurasi mesin 4-silinder, mampu menelurkan tenaga mesin hingga 150 daya kuda. Meski bongsor dan berbobot kendaraan 1,6 ton, namun performa tetap stabil.

Ketika meliuk-liuk melahap jalur terjal dengan kecepatan yang cukup tinggi, mobil ini tetap lincah. Didukung sejumlah fitur mumpuni, semakin membuat mobil ini tampak tenang melibas jalur seperti itu. 

Konsumsi bbm-nya mencapai 10-11 kilometer per liter untuk kondisi jalan bebas hambatan atau tol. Sementara kombinasi jalur terjal bisa mencapai 6-7 kilometer per liter. Sementara dalam kondisi macet 4-5 kilometer per liter.

Sebagai mobil yang dibanderol Rp. 400 jutaan ini, bisa dibilang fitur-fitur yang tersaji di Delica cukup menyenangkan. Di antaranya teknologi Automatic Stability Control yang sangat membantu ketika traksi roda berkurang. Ini sangat membantu melakukan manuver-manuver ekstrem di jalan yang terjal. Kemudian fitur active cornering lamp yang memberikan pencahayaan lebih baik ketika berada di jalur menikung. 

Fitur lain yang juga sangat menyenangkan adalah merasakan aura mobil balap. Yaitu dengan fitur paddle shift, oper gigi cukup sentuh bagian kiri untuk gear down dan bagian kanan untuk gear up. Fitur semi manual ini bisa diaktifkan secara langsung tanpa memindahkan tuas transmisi. Namun ketika mobil berhenti (kecepatan nol), mode semi manual kembali ke mode otomatis yaitu 'D' alias Drive. 

Tidak kalah menyenangkannya adalah fitur Automatic Stop & Go alias AS&G ketika menginjak pedal rem terhitung selama tiga detik. Dalam kondisi macet, fitur ini sangat membantu mengefisiensi penggunaan bbm.

Mitsubishi Delica yang memiliki ground clearence tertinggi di kelasnya, membuat genangan air sedalam 40 cm bukanlah suatu masalah. Delica memang memiliki ground clearence tertinggi di kelasnya (190 mm), dan mampu melibas medan bergelombang maupun eksktrem.

Sebagai penerus dari L300, Delica sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Pada penampilan mobil ini terlihat dengan bodi yang moncong kedepan tanpa lengkungan bodi yang tidak perlu. Sedangkan bentuk grille depan pada Mitsubishi Delica D-5 tampak tegas dengan garis-garis vertikal dan mengkilat dengan lapisan chrome yang sangat mirip dengan grille dari mobil Hummer H3. 

Jika dilihat dari bentuk Head Lamp yang tampak besar sehingga membuat Mitsubishi Delica D-5 ini dari sesi desainnya tampak seperti mobil premium dengan headlamp yang terlihat hampir menyatu dengan grille. Kap mobil terlihat tampak tidak memanjang dan bodi samping terlihat elegan dengan side skirt yang tampak simpel. 

Tampilan yang kaku ini sangat berbeda dengan MPV buatan pabrikan lainnya seperti Nissan Serena dan Mazda Biante yang memiliki bodi yang sangat menarik namun desain eksterior pada spesifikasi Mitsubishi Delica D-5 tampak paling gagah dibandingkan dengan yang lain.

Lapisan jok pada Mitsubishi Delica D-5 ini terbuat dari bahan yang soft dan lembut namun tidak mudah sobek dengan bahan material fabric. Penumpang dan pengendara dapat merasa lapang dan nyaman dengan tidak berdesak-desakan walaupun tujuh kursinya terisi penuh dan membawa banyak barang. Terdapat empat jok dengan tipe captain seat, 2 di baris depan dan 2 di baris tengah. Sementara di baris belakang menggunakan tipe biasa dan bisa dilipat.

Konfigurasi jok bisa diatur sesuai kebutuhan. Jika bangku baris tengah dan belakang dilipat, maka ruang penyimpanan sangat besar. Mengangkut sepeda motor atau sepeda gunung pun akan muat. Bahkan konfigurasi kursi bisa dijadikan kasur kalau memang ingin berbaring layaknya di kamar tidur. 

Di depan jok penumpang Mitsubishi Delica D-5 ada dua buah glovebox yang ukurannya cukup besar dan pada bagian atasnya anda akan menemukan tulisan Delica yang jelas. 

Pada setir mobil Mitsubishi Delica D-5 menggunakan teknologi power steering elektrik sehingga bobot setir ini terasa ringan saat membelok dan kita dapat menggunakan paddle shift untuk memindahkan transmisi mobil secara manual. 

Uniknya pada spesifikasi Mitsubishi Delica D-5 ini tidak terdapat tombol start untuk menyalakan mesin namun tersedia sebuah kenop putar yang terdapat di area dibawah setir mobil dimana kita biasa memutar kunci mobil untuk menyalakan mesin. Pada baris kedua mobil ini penumpang akan sangat dimanjakan dengan jok model captain seat yang mewah dengan ruangan yang sangat leluasa untuk selonjoran kaki sekalipun dalam kabin mobil ini.

Kenyamanan lain yang dihadirkan adalah sistem sasis yang dibikin monokok. Jadi penyerapan energi dari semua sisi roda bisa teredam dengan baik.

Dengan performanya yang mumpuni, tak heran baru-baru ini, Delica kembali memperoleh penghargaan di ajang The 13th Auto Bild Award 2016 sebagai The Best High MPV. Penghargaan ini adalah yang ke-6 bagi Delica sejak peluncurannya di tahun 2014 sekaligus menjadi bukti akan performa, kualitas, ketangguhan, dan kenyamanan Sport Utility MPV ini. 

''Penghargaan ini akan menjadi nilai tambah bagi produk Mitsubishi Motors yang kami persembahkan bagi para konsumen kami di Indonesia. Ke depannya, kami akan terus mempersembahkan produk dan layanan terbaik kami sesuai dengan motto ‘Brand New Day’ dari Mitsubishi Motors untuk pasar Indonesia,'' ujar Intan Vidiasari, selaku Head of MMC Public Relations Department, PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #otomotif 

Berita Terkait

IKLAN