Jumat, 21 September 2018 07:09 WIB
pmk

Total Sport

Tiga Tahun Lagi untuk Rafael Nadal

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Kondisi naik turun belum membuat Rafael Nadal berniat pensiun. Petenis Spanyol itu optimistis masih mampu bersaing di level elite hingga tiga tahun ke depan.

Nadal terlempar dari peringkat empat besar dengan ada di urutan kesembilan dunia akhir tahun ini. Petenis berjuluk raja lapangan tanah liat itu harus menyerah dari cedera yang berulang kali membekapnya.

Nadal sampai harus absen dari Wimbledon tahun ini karena cedera pergelangan tangan. Dia juga cuma melaju hingga babak kedua Prancis Terbuka. Cedera lutut menjadi cedera lain yang mengganggu kinerjanya.

Namun, Nadal belum patah semangat. Dia masih mengincar gelar juara lain di turnamen grand slam, utamanya di Roland Garros yang sudah seperti rumahnya sendiri.

"Saya mengangankan untuk tetap bertanding di level ini hingga beberapa tahun ke depan dan saya punya motivasi tinggi berada di sini. Saya yakin masih mampu berkompetisi dalam turnamen penting sampai tiga tahun ke depan," kata Nadal di sela-sela Mudabala World Tennis Championship seperti dikutip Gmanetwork.

"Saya merasa cukup sehat dan itulah hal yang paling penting. Saya merasa kalau lutut saya tak lagi sakit dan saya berharap besar kondisinya akan tetap seperti ini," tutur dia.

Sementara itu, Stan Wawrinka antusias menyambut bergulirnya musim 2017. Menyusul perubahan pemegang peringkat teratas dan kembalinya Roger Federer dan Rafael Nadal.

Di musim baru status petenis nomor satu dunia disandang Andy Murray, usai mengalahkan Novak Djokovic dalam laga penentuan di ATP World Tour Finals. Kedua petenis itu tampil dominan di sepanjang tahun ini.

Nasib kurang beruntung dialami Federer dan Nadal karena mengalami cedera berkepanjangan sehingga mesti mengakhiri musim lebih cepat. Akan tetapi, mereka telah menjalani persiapan untuk comeback; Federer tampil di Piala Hopman sedangkan Nadal mengikuti turnamen eksebisi di Abu Dhabi.

Wawrinka sendiri berhasil menyabet titel juara AS Terbuka, meskipun tidak dibarengi dengan konsistensi. Bagaimanapun, petenis Swiss peringkat empat dunia itu mengira persaingan di 2017 akan berjalan seru.

"Tentu saja dalam beberapa tahun terakhir berbeda; Roger cedera di tahun ini, Rafa turun jauh peringkatnya jadi dominasi dari empat pemain itu sedikit berbeda," ungkap Wawrinka, dikutip Omnisport.

"Yang kebanyakan menang pada tahun lalu adalah Novak dan Andy. Jadi pemain yang ada di peringkat atas masih sama," lanjut petenis peringkat empat dunia itu.

"Kupikir tahun ini (2017) akan sangat menarik untuk disaksikan karena Andy menjadi nomor satu, Novak aku masih yakin akan sulit dikalahkan, Roger akan comeback dengan kuat dan Rafa. Kita lihat saja. Aku bersemangat untuk memulai musim baru."

"Aku tertarik untuk melihat diriku sendiri mengenai apa yang bisa kucapai di tahun ini dan menyaksikan seperti apa permainan tenis para pemain lain," imbuh pemilik tiga titel Grand Slam ini. (*/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tenis 

Berita Terkait

Christo/Aldila Sumbang Emas ke-10 Indonesia

Fokus

Rifki Awali Perjuangan Tuan Rumah

Total Sport

Makin Klop, Tenis Benahi Teknik

Total Sport

Justin/David Tumbang, Indonesia Tertinggal 1-2

Total Sport

Pemain Muda Jadi Tumpuan Tim Davis Indonesia

Total Sport

IKLAN