Sabtu, 17 November 2018 06:15 WIB
pmk

Ekonomi

Tidak Perlu Takut dengan Tenaga Kerja Asing

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tidak khawatir penggunaan tenaga kerja asing (TKA). Pemakaian tenaga asing pada proyek investasi dilakukan dalam suatu periode tertentu terutama di awal proses konstruksi investasi. Itu penting untuk menjamin kelangsungan proyek investasi yang akan dilakukan investor.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengungkapkan, penggunaan pekerja asing secara kalkulasi bisnis, dari sisi biaya operasional mendatangkan pekerja asing jauh lebih mahal daripada menggunakan tenaga kerja lokal. Penggunaan pekerja asing itu hanya bersifat sementara menyusul biaya tinggi dan tidak mudah untuk mendatangkan.

Karena itu, pemilik proyek atau investor itu tidak bakal berlama-lama memakai jasa tenaga luar. Investor sesegera mungkin memulangkan pekerja asing ke negara asalnya untuk menghindari pembengkakan biaya operasional. ”Kalkulasi bisnis tidak menguntungkan. Jadi, tenaga asing itu dipulangkan secepatnya. Datanya, kelihatan sekali di BKPM,” tutur Thomas, di Jakarta, Kamis (12/1).

Mantan Menteri Perdagangan (Mendag) menyebut penggunaan tenaga kerja asing di suatu proyek investasi itu lazim. Biasanya dilakukan pada tahun pertama atau tahun kedua. Kemudian pada tahun ketiga, secara berangsur-angsur penggunaan tenaga kerja asing mulai berkurang. Dan, selanjutnya pada tahun keempat lebih banyak yang dipulangkan. ”Selanjutnya, mereka mulai pelan-pelan mengalihkan kendali pada Tenaga Kerja Indonesia (TKI),” ulasnya.

Karena itu, Tom sapaan akrab Thomas Lembong mengingatkan berbagai pihak tetap menjaga agar diskusi terkait pekerja asing dilakukan secara proporsional. Jangan sampai terobsesi dengan isu pekerja asing hingga kehilangan fokus pada isu-isu lebih krusial dan lebih kritis, lebih penting. Misalnya, upaya untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia. ”Peningkatan daya saing ini lebih krusial dan mendesak,” ingat Tom. (far)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tenaga-kerja-asing 

Berita Terkait

Komisi III akan Bahas Persoalan Visa TKA

Nasional

Menaker Diminta Buka Data TKA Tiongkok

Nasional

PAN Ikut Dukung Pansus TKA

Nasional

Perpres 20 Ciptakan Lapangan Kerja

Nasional

Kaji Ulang Perpres 20/2018

Nasional

IKLAN