Sabtu, 17 November 2018 09:51 WIB
pmk

Moto GP

Sumsel Kantongi Dua Investor MotoGP

Redaktur:

Aksi Rossi dan Marquez di arena MotoGp.

INDOPOS.CO.ID– Rencana menggelar MotoGP di Indonesia seharusnya tidak kembali menjadi isapan jempol saja. Pada 2016 lalu, kabar menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul mencuat sebelumnya harus terhempas karena berkaitan dengan pendaan. Kali ini, Palembang tampil sebagai salah satu opsi untuk menggelar MotoGP pada 2018 mendatang.

Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) kepada awak media menjelaskan kalau pihaknya sudah mengantongi dua calon investor dari dalam dan luar negeri. ”Mereka sudah siap dengan anggaran sekitar Rp.500 hingga Rp.600 Miliar,” katanya.              

Dalam hal ini, Pemerintah provinsi Sumsel diproyeksikan menjadi pemegang saham dalam sebuah konsorsium nantinya. Dengan demikian, diharapkan Sumsel tidak akan mengeluarkan anggaran dalam persiapan MotoGP nantinya.

Secara teknis, Alex menegaskan bahwa pihaknya sudah mendapatkan kepastian rencana sirkuit yang dirancang salah satu desainer top dunia. Rencananya proses pengerjaan sirkuit nantinya membutuhkan waktu 14 bulan lamanya. ”Pokoknya target kami sebelumnya Oktober 2018 sudah bisa siap,” terangnya.

Selanjutnya. Pemprov Sumsel tengah menyiapkan MoU (nota kesepahaman) dengan pihak Dorna selaku operator MotoGP. ”Nanti setelah rancangan dari Tilke selesai, akhir Februari akan kami jalankan MoU,” bebernya.

Sementara itu, Gatot S.Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Indonesia mengatakan pihaknya belum mendapatkan konfirmasi dari Pemprov Sumsel berkaitan dengan hal tersebut. Namun begitu, Gatot menegaskan bahwa Kemenpora tetap akan memberikan support terhadap penyelenggara MotoGP di Indonesia. ”Teknisnya kami belum dapat laporan, tetapi prinsipnya kami mendukung,” sebutnya. (nap)


TOPIK BERITA TERKAIT: #motogp #totalsport 

Berita Terkait

IKLAN