Sabtu, 22 September 2018 08:35 WIB
pmk

Formula 1

Sulit Dapatkan Investor, Manor Dideadline 20 Januari

Redaktur:

Tim Manor di Formula One (F1)

INDOPOS.CO.ID- Tampaknya nasib tim Manor di Formula 1 2017, tak dapat tertolong. FRP Advisory sebagai administrator menyatakan peluang mendapatkan investor baru sangat kecil. Padahal mereka hanya punya waktu hingga 20 Januari untuk mendapatkan investor baru. Deadline tersebut diungkapkan seorang sumber yang dekat dengan proses administrasi tersebut seperti dilansir Autosport.

Apabila sampai batas waktu tersebut negosiasi untuk mendapatkan investor gagal, bisa dipastikan nama Manor tidak akan ada di grid F1 tahun ini. Sebenarnya mobil baru Manor sudah dalam proses pembangunan di markas besar mereka di Banbury. Bahkan sudah setengah jalan. Namun karena kesulitan keuangan dan proses administrasi, FRP menghentikan semua proses pembuatan komponen untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Baik Manor dan administratornya sudah nyaris angkat tangan dalam upaya mencari investor baru. Padahal musim balap 2017 akan dimulai 26 Maret nanti di Melbourne. Bahkan sebelumnya tim-tim sudah harus melakoni serangkaian uji coba pra musim dimulai sejak 27 Februari di Barcelona.

Juru bicara FRP, seperti dilansir ThisIs F1 mengungkapkan, dengan keterbatasan waktu yang ada saat ini, upaya menemukan calon investor potensial sangat terbatas. “Untuk kali ini peluang menyelamatkan Manor sangat kecil,” ucapnya.

FRP, yang juga bergerak di bidang restrukturisasi perusahaan tersebut pernah menyelamatkan Manor pada akhir 2015 dimana saat itu masih benama Marussia. Dari hasil kerja Manor itulah didapatkan Stephen Fitzpatrick, pemilik OVO Energy Drink untuk menyuntikkan dana sebesar EUR 30 juta. Namun pengusaha asal Belfast, Irlandia Utara tersebut rupanya tak terlalu punya passion dengan F1. Sehingga hanya dalam waktu satu musim dia ingin menjual kembali tim tersebut untuk mendapatkan kembali uangnya.

Fitzpatrick memastikan bahwa negosiasi dengan sebuah konsorsium asal Asia gagal setelah Sauber menyalip Manor di posisi 10 klasemen konstruktor di GP Brasil. Saat itu Felipe Nasr berhasil meraih dua poin di balapan kandangnya. Padahal jika finis ke-10 sebuah tim bisa mendapat dana sekitar EUR 30 juta dari bagi hasil hak siar dan komersial.

Kepada media Jerman Auto Motor und Sport, Fitzpatrick mengatakan, Manor tidak ingin mengulangi pengalaman di musim 2014 dimana di tiga seri terakhir absen membalap akibat kehabisan dana.  ''Itulah kenapa kami memutuskan untuk tidak memulai musim ini jika kami tidak tahu kami bisa menyelesaikannya,'' tandasnya. (cak)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #totalsport 

Berita Terkait

IKLAN