Senin, 24 September 2018 04:46 WIB
pmk

Moto GP

Rossi Berpotensi Cetak Rekor Baru di MotoGP 2017

'The Doctor' merebut kemenangan ke-114 sepanjang karier di sirkuit Catalunya, tahun lalu.
Redaktur: Redjo Prahananda

Pembalap Yamaha Racing Team, Valentino Rossi (AFP)

INDOPOS.CO.ID - Kemenangan Valentino Rossi di MotoGP Barcelona 2016 lalu membuat pembalap eksentrik itu masuk dalam daftar pembalap veteran yang finis di urutan pertama.

Keberhasilan VR46 pada seri ketujuh tahun lalu membuat kans menggeser posisi Troy Bayliss terbuka lebar.  Dari data Motorcyclenews, Rossi menempati posisi sembilan dalam daftar pembalap tua dalam sejarah MotoGP setelah Bayliss.

'The Doctor' merebut kemenangan ke-114 sepanjang karier di sirkuit Catalunya. Ketika itu, Rossi berusia 37 tahun, terpaut 103 hari saja dari Bayliss.

Bayliss—pembalap asal Australia itu,  tampil menjadi juara MotoGP di sirkuit Valencia pada seri terakhir MotoGP 2006. Kemenangan itu membuat Bayliss menempati urutan 8 dalam daftar pembalap tua dalam sejarah MotoGP.

Pada 2016 lalu, Rossi sukses menggeser Phil Read yang  yang terakhir kali menjuarai balapan di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada musim 1975. Read meraih kemenangan tersebut di usia 36 tahun 235 hari.

Mengacu pada kontrak Rossi selama dua tahun bersama Yamaha, rider asal Italia itu berpotensi melewati catatan pembalap  yang masih sanggup merebut podium pertama di usia kepala tiga.

Sejauh ini, Fergus Anderson masih memegang status pembalap tertua yang memenangi motor grand prix. Dia mengukir rekor tersebut pada usia 44 tahun 237 hari di Barcelona pada 1953. (rej/motorcyclenews)


TOPIK BERITA TERKAIT: #motogp 

Berita Terkait

IKLAN