Rabu, 21 November 2018 09:36 WIB
pmk

Bulutangkis

Menanti Show Sektor Tunggal

Ganda Putra Wakilkan Pelapis
Redaktur:

Jonatan Christie

INDOPOS.CO.ID- Turnamen sekelas Grand Prix Gold (GPG), Malaysia Masters pada 17-22 Januari 2017 akan menjadi turnamen pembuka buat sebagian besar penggawa pelatnas Cipayung. Khususnya di nomor tunggal, baik putra maupun putri. PP PBSI menurunkan kekuatan penuh untuk bisa mengupayakan gelar dari nomor tunggal (selengkapnya lihat grafis).

Total ada 10 pebulu tangkis tunggal pelatnas yang ambil bagian dalam turnamen GPG pembuka awal tahun tersebut. Tetapi, secara keseluruhan ada 44 pebulu tangkis tunggal Indonesia yang akan berjuang. Masing-masng 20 tunggal putri dan 24 tunggal putra.

Di antara mereka terselip juga pebulu tangkis veteran seperti Sony Dwi Kuncoro dan Tommy Sugiarto. Peluang besar seharusnya bisa dimanfaatkan pebulu tangkis Indonesia untuk bisa kembali mengejar ketertinggalan mereka di peta persaingan dunia. Berdasar peringkat dunia tunggal putra, hanya Tommy dan Jonatan Christie yang bisa menembus 25 dunia.

Tommy di peringkat ke-21 dunia, sedangkan Jonatan satu strip di bawahnya, di posisi 22 dunia. Lalu, tunggal putri benar-benar tercecer. Indonesia hanya menempatkan seorang Fitriani yang bisa masuk 40 besar dunia. Dibandingkan dengan tunggal putri Thailand, skuad Cipayung jelas butuh kerja keras untuk mengejar ketinggilan.

Untuk itu, tim pelatih tunggal putri punya misi besar untuk membawa kembali penghuni pelatnas untuk bisa bersaing. "Saya melihat ada perubahan meskipun belum signifikan dari mereka," kata Minarti Timur, asisten pelatih tunggal putri Indonesia.

Wajar saja, mereka baru berlatih dalam dua pekan terakhir. Namun, yang menjadi perhatian Minarti dan timnya adalah stamina dan daya juang para pemainnya. Kebijakan menurunkan skuad tunggal sejak turnamen sekelas grand prix juga menjadi salah satu konsentrasi PP PBSI.

Seperti yang disampaikan Susi Susanti, Kabidbinpres PP PBSI, bahwa pihaknya berharap sektor tunggal, khususnya tunggal putra bisa membuka musim baru dengan raihan gelar. "Karena dalam beberapa turnamen superseries 2016 lalu mereka mentok di semifinal, seharunya di sini mereka bisa menang," terangnya.

Sementara itu, sektor ganda putra memutuskan untuk menurunkan para pasangan pelapis. Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro yang baru saja mendulang gelar perdana di Tiongkok International Challenge juga bakal turun di Malaysia Masters 2017. Apalagi Ahsan/Rian butuh tambahan poin untuk mendongkrak peringkat dunia mereka. Selain Ahsan/Rian, ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mewakili ganda putra pelatnas.

Demikian pula di ganda campuran, pelatnas Indonesia hanya menurunkan dua wakilnya. Tontowi Ahmad/Gloria Emmanuelle Widjaja dan Ronald Alexander/Melati Daeva. Khusus Owi/Gloria, turnamen kali ini akan menjadi ajang perdana yang mereka jalani. Kebijakan mencoba menurunkan Owi/Gloria lantaran saat ini Liliyana Natsir, partner Owi tengah menjalani pemulihan cedera lutut kanan. (nap)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bulutangkis 

Berita Terkait

Bidik Satu Gelar Juara dari Nomor Apa Saja

Total Sport

The Minions Tetap Perkasa

Total Sport

Hadapi 6 Laga Internasional, PABBSI Butuh Dana 6 M

Total Sport

Anthony Siap Revans

Total Sport

IKLAN