Senin, 19 November 2018 02:59 WIB
pmk

Formula 1

Gantikan Rosberg, Bottas Tak Ingin Sia-Siakan Kesempatan

Redaktur:

Pembalap asal Finlandia Valtteri Bottas

INDOPOS.CO.ID– Pembalap asal Finlandia Valtteri Bottas tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berharga yang datang kepada dirinya setelah direkrut tim terbaik Formula One (F1) 2016, Mercedes. Bottas direkrut untuk menggantikan posisi juara dunia F1 2016, Nico Rosberg, yang musim lalu memutuskan pensiun setelah menjadi juara dunia.

Pembalap berusia 27 tahun itu pun mengucapkan terima kasih kepada Bos Mercedes, Toto Wolff, yang memercayainya untuk mengendarai Mercedes. Kesempatan itu sangat berarti bagi dirinya, sehingga ia pun berjanji akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk memberikan yang terbaik kepada The Silver Arrows -julukan Mercedes-.

“Saya ingin berterima kasih kepada Toto (Wolff) dan semua orang di Mercedes dan Daimler untuk kesempatan ini. Saya sangat menghargai. Saya tidak akan melewatkan kesempatan ini. Saya akan melakukan semua yang saya bisa. Saya yakin itu akan menjadi baik,” ungkap Bottas, mengutip dari Motorsport, Selasa (17/1/2017).

Sebelumnya, Bottas pernah mencoba mobil dengan mesin Mercedes saat dirinya berkarier di F3 Eropa pada 2009 dan 2010. Bottas pun berhasil tampil gemilang dengan menempati posisi ketiga pada klasemen akhir pembalap. Bottas sangat optimis dapat memberikan penampilan yang optimal dengan mobil terbaik tim barunya yakni Mercedes. Bottas siap bersaing merebut poin sebanyak mungkin di ajang F1 2017. “Tujuan saya adalah segera melakukan race pertama untuk mendapatkan semua poin yang tersedia,” ungkap Bottas, mengutip Motorsport, Selasa (17/1).

Bottas yakin bersama Mercedes, pembalap berusia 27 tahun itu akan memiliki mobil terbaik. Ia pun menjamin dirinya akan memberikan yang terbaik kepada tim barunya itu di F1 musim ini. “Saya memiliki keyakinan bahwa tim akan membangun mobil yang baik untuk musim ini. Saya jamin saya akan memberikan semuanya,” tambahnya.

Sebelum bergabung bersama Mercedes, Bottas telah bernaung di F1 bersama Williams sejak 2012. Prestasi terbaiknya terjadi pada 2005. Saat itu, ia berhasil finis di posisi kelima klasemen akhir pembalap F1.

Sementara pembalap berkebangsaan Brasil Felipe Massa, resmi membela Williams dalam F1 musim 2017. Sebelumnya, pembalap berusia 35 tahun memutuskan pensiun dari F1 pada akhir musim 2016. Massa sebelumnya mengumumkan pensiun pada September 2016, namun keputusannya untuk meninggalkan ajang balap roda empat paling popular sedunia ini tampaknya tidak berjalan mulus.

Massa harus kembali mengisi line-up Williams di F1 2017 setelah Valtteri Bottas ditarik Mercedes untuk menggantikan Nico Rosberg yang pensiun lima hari sesudah dinobatkan meraih gelar Juara Dunia F1 2016.

Wakil kepala tim Williams, Claire Williams, sendiri telah mengizinkan pembalapnya pergi untuk bergabung dengan tim berjuluk The Silver Arrow. Kesepakatan terjadi mengingat Williams masih mengikat kerja sama karena menggunakan mesin milik Mercedes. “Valtteri telah menjadi anggota keluarga Williams sejak 2010. Dalam waktu itu ia terbukti sangat mumpuni dengan mengamankan sembilan kali naik podium. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih atas nama tim. Saya harap dia dapat melewati musim yang sukses saat bergabung dengan Mercedes,” terang Claire, menyadur dari Morningstaronline, Selasa (17/01/2017). (oks)

Valtteri Bottas:

Kebangsaan:                      Finlandia

Tmpt/tgl lahir:                   Nastola, Finlandia 28 Agustus 1989

Tempat Tingga: Monaco

Tinggi:             173 sentimeter

Debut:              GP Australia 17 Maret 2013 (Williams)

Posisi terbaik klasemen akhir:    P4-2014

Finis terbaik:                                                      P2 dua kali

Start terbaik:                                                      P2 tiga kali

Podium:                         9 kali

Start baris terdepan:      3 kali

fastest lap:                     1 kali

Start:                             77 kali

Poin:                              411


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN