Kebakaran Hebat Pasar Senen, Plt Gubernur DKI Salahkan Penyewa Kios

Dugaan kebakaran muncul karena hubungan arus pendek listrik.

Redaktur: Redjo Prahananda
Kebakaran Hebat Pasar Senen, Plt Gubernur DKI Salahkan Penyewa Kios  -

Kebakaran di Pasar Senen (Foto: Indopos/Toni Suhartono)

INDOPOS.CO.ID - Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono menduga kebakaran di Blok I dan II Pasar Senen, Jakarta Pusat ikut disebabkan kelalaian penyewa kios.

Dugaan kebakaran muncul karena hubungan arus pendek listrik. Sumarsono menduga, pemahaman instalasi listrik yang kurang dari penyewa memiliki andil dalam kebakaran tersebut.

"Saya duga user kurang dengan pemahaman listrik yang kurang cermat, sering nyambung-nyambungin instalasi, bikin colokan tanpa melihat aspek teknis kekuatan dari kabel," kata Sumarsono.

Menurut Sumarsono, kebakaran yang melalap 1012 kios itu terjadi di blok Pasar Pembangunan Jaya, bukan Pasar Jaya.“Bukan Pasar Jaya, tapi sebelahnya PD Pembangunan Jaya. Sepertinya, (Titik pusat api) di sekitar situ," kata dia.

Api mulai menyala sejak 04.30 WIB dari Blok III. Hingga Kamis, (19/1) siang, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan si jago merah. 

Sumber yang air terbatas membuat pemadaman menjadi tidak optimal. Bahkan, petugas sempat mengambil air dari kolam renang di seberang Pasar Senen.

Sumarsono menyerahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk mengamankan barang-barang dagangan milik pedagang korban kebakaran. "Jangan sampai ada penjarahan. Itu riskan terjadi dan sudah diserahkan aparat untuk keamanan di sana," ujar dia. (rej/ipk/rmol)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Kebakaran Hotel Sheraton, Satu Korban Tewas

Megapolitan / Gudang di Cakung Terbakar

Ekonomi / Pabrik Kacang Garuda Hangus Terbakar


Baca Juga !.