Sabtu, 22 September 2018 02:36 WIB
pmk

Liga Italia

Respons Positif Juventus Berbuah Manis

Leicester City Kembali Terjungkal di Southampton
Redaktur:

Paulo Dybala

INDOPOS.CO.ID - Juventus akhirnya kembali ke jalur kemenangan.  Menjamu Lazio, Juventus memang mutlak 2-0 dari hasil sumbangsih Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain. Merumput di Juventus Stadium, Turim, Minggu (22/1), Bianconeri lebih dominan dengan memiliki 58 persen penguasaan bola. Namun, Juve hanya membuat tujuh percobaan (2 mengarah ke gawang) sedangkan Lazio membuat 11 percobaan (2 mengarah ke gawang). Kemenangan Juve ditentukan oleh Dybala dan Higuain yang membuat gol di menit kelima dan keenam belas. Hasil ini menjadi respons setelah kekalahan Juve di tangan Fiorentina 1-2 di pekan lalu.

Selain itu, angka penuh yang diraih menjauhkan La Vecchia Signora dari rival-rivalnya. Dengan koleksi 48 poin hasil 20 pertandingan, Juve kini unggul empat poin dari AS Roma, yang baru akan bermain beberapa jam lagi dan juga empat poin dari Napoli di urutan keempat.

Juventus langsung menggebrak dengan menciptakan gol pembuka di menit kelima. Dari sundulan Mario Mandzukic di luar kotak penalti, bola diteruskan Paulo Dybala dengan tembakan first-time yang sempat ditepis sebelum masuk gawang Lazio.

Lazio kewalahan menghadapi permainan cepat Juventus. Kurang dari 15 menit kemudian, gawang Lazio jebol lagi. Juan Cuadrado mendapatkan bola di sisi kiri pertahanan Lazio lalu diteruskan dengan umpan silang ke kotak penalti. Gonzalo Higuain, dalam kawalan bek lawan, mampu menjangkau bola untuk diselesaikan dengan sontekan dari jarak dekat. Juve memimpin 2-0.

Lazio akhirnya bisa mengancam gawang Juve. Sebuah peluang tercipta di menit 25, saat tembakan Sergej dari luar kotak penalti melenceng tipis dari gawang yang dijaga Gianluigi Buffon.

Empat menit kemudian, tandukan Higuain menyambut tendangan bebas menembus gawang Lazio. Namun, gol dianulir karena striker Argentina itu dianggap dalam posisi offside.

Ancaman Juventus kembali hadir menjelang lima menit terakhir. Setelah merampas bola Leonardo Bonucci menerima umpan silang Higuain dari sisi kanan. Sayangnya, sontekan Bonucci dari depan gawang masih melenceng.

Usai turun minum, Dybala nyaris menciptakan gol ketiga Juve. Di menit 61, sodoran Higuain diteruskan Dybala dengan tembakan mendatar tapi bola melenceng tipis. Lazio kesulitan menembus pertahanan Juventus. Anderson menemui Milinkovic-Savic di tepi kotak penalti, tapi Mandzukic mampu mengadangnya sehingga serangan Lazio bisa dipatahkan.

Marco Parolo, Higuain, dan pemain pengganti Marko Pjaca sama-sama gagal memaksimalkan peluang yang menjanjikan. Di injury time, Pjaca dilanggar Felipe Anderson di kotak penalti tapi wasit tidak menggubris.

Sementara itu, di Inggris, Leicester City kembali menelan kekalahan di lanjutan Premier League. Juara bertahan itu tumbang di markas Southampton dengan skor telak 0-3. Dalam pertandingan di St. Mary's Stadium, Minggu (22/1/2017) malam WIB, Claudio Ranieri melakukan tiga perubahan dalam susunan pemain yang diturunkan dari laga sebelumnya melawan Chelsea. Demari Gary, Shinji Okazaki, dan Danny Simpson dipasang sebagai starter menggantikan Marc Albrighton, Ahmed Musa, dan Benjamin Chilwell.

Sepanjang laga, Leicester memang kalah dominan dari Southampton. Dengan penguasaan bola 40%, Leicester melepaskan 11 tembakan dan hanya dua yang mengarah ke gawang. Sementara Southampton melakukan 20 kali percobaan dan tujuh di antaranya tepat sasaran.

Leicester sudah tertinggal 0-2 di babak pertama. Gol-gol dari James Ward-Prowse dan Jay Rodriguez memberi keunggulan untuk Southampton. Ward-Prowse membobol gawang Leicester di menit ke-26. Cedric melakukan penetrasi dari sisi kanan dan melakukan tusukan. Dia kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti yang dituntaskan Ward-Prowse dengan tendangan first time.

Keunggulan Southampton bertambah di menit ke-39. Ward-Prowse kembali terlibat dalam gol Southampton. Kali ini bola hasil tendangan bebasnya mengenai kepala Wes Morgan dan Rodriguez berhasil mencuri bola dan menceploskannya ke dalam gawang dari jarak dekat.

Southampton sempat mencetak gol di menit ke-75. Bola hasil tendangan bebas Dusan Tadic dari sisi kanan mengenai kepala Morgan dan masuk ke dalam gawang. Para pemain Southampton sempat merayakan gol tersebut, tapi wasit kemudian menganulirnya karena Maya Yoshida sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Keunggulan Southampton akhirnya benar-benar bertambah di menit ke-86. Tadic membawa Southampton memimpin 3-0 lewat sebuah tendangan penalti. Southampton mendapat penalti setelah Shane Long dijatuhkan oleh Morgan.

Bagi Leicester, ini adalah kekalahan kedua secara beruntun yang mereka telah setelah sebelumnya kalah 0-3 dari Chelsea. Dengan hasil ini, Leicester masih belum beranjak dari posisi ke-15 klasemen dengan 21 poin dan hanya berjarak lima angka dari zona degradasi. Sementara itu, kemenangan ini menempatkan Southampton di posisi ke-11. The Saints mengumpulkan 27 poin dari 22 pertandingan. (jpnn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-italia 

Berita Terkait

Jamu Parma, Icardi Ingin Pecah Telur

Liga Italia

Bukan CR7, Tapi CR5,5

Liga Italia

Saham Klub Dibeli dengan Bitcoin

Liga Italia

Jamu Lazio, Juventus Menanti Gol Debut CR7

Liga Italia

Mourinho: Ronaldo Magnet Kuat di Serie A

Liga Italia

Buffon Masih Simpan Ambisi di Liga Champions

Liga Italia

IKLAN