Senin, 24 September 2018 03:53 WIB
pmk

Bulutangkis

Kiprah Bulutangkis Indonesia Jelang Piala Sudirman

Uji Coba untuk Duet Baru
Redaktur:

Gloria Emanuelle Widjaja

INDOPOS.CO.ID– Piala Sudirman 2017 akan menjadi salah satu milestone yang hendak dikejar pengurus baru PP PBSI pimpinan Wiranto. Untuk itu, PP PBSI memutuskan akan menurunkan satu tim di ajang Asia Mixed Team Championships 2017 akan digelar di Ho Chi Minh City, Vietnam, 14-19 Februari 2017 mendatang.

Tetapi, dari skuad yang ada, PBSI memberikan kesempatan pada pemain pelapis untuk tampil di ajang tersebut (selengkapnya lihat grafis). Selain itu, ajang yang menjadi pemanasan menjelang Piala Sudirman di Gold Coast, Australia April nanti tersebut juga menjadi momentum menaikkan peringkat para penggawa pelatnas.

Khususnya buat mereka yang baru dipasangkan di awal 2017 ini. Sejumlah nama seperti Tontowi Ahmad/Gloria Emmanuelle Widjaja dan Wahyu Nayaka/Ade Yusuf punya kans untuk bisa mendongkrak peringkat mereka. Lius Pongoh, manajer tim Indonesia di ajang Mixed Team Championship 2017 menerangkan, kebijakan yang dijalankan PBSI semata untuk meningkatkan para pebulutangkis yang bersangkutan.

”Tidak sepenuhnya pelapis, ada beberapa yang baru dipasangkan yang kami berangkatkan,” terangnya kepada koran ini kemarin (25/1). Pria yang juga menjadi Kepala Bidang Pelatnas PP PBSI itu membeberkan bahwa pihaknya juga tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Kebijakan tersebut bisa diartikan gambling.

Dengan komposisi pemain yang diberangkatkan, Indonesia hanya menempati seeded kelima. Situasi itu membuat kans untuk bisa berprestasi jelas tidak akan mudah. Bagi dia, minimal tim yang berangkat bisa menembus babak semifinal itu merupakan salah satu capaian yang sudah cukup maksimal. Sebenarnya, Indonesia punya kesempatan untuk menurunkan skuad terbaiknya di ajang tersebut.

Namun, sejumlah pertimbangan tersebut membuat PP PBSI memberikan kesempatan buat para pemain yang baru dipasangkan. ”Meski tidak berangkat dengan kekuatan terbaik, kami juga berharap mereka kami beri kepercayaan bisa membayar itu,” ujarnya.

Sementara itu, Gloria mengakui bahwa dirinya memang butuh bermain dalam turnamen bersama Owi. Terlebih keduanya diproyeksikan untuk meneruskan perjuangan saat Liliyana Natsir memutuskan mundur dari pelatnas. Capaian Owi/Gloria di hingga semifinal Malaysia Masters Grand Prix Gold 2017 pekan lalu menyisakan catatan tersendiri. ”Kendala masih di saya, kadang ada faktor non teknis yang bikin gak siap,” katanya.

Berpasangan dengan Owi membuat Gloria juga terpacu untuk meningkatkan kualitas permainannya di pentas internasional. ”Baru main di Malaysia, selanjutnya kami berusaha tampil lebih baik,” sebutnya.

Sedangkan para wakil Indonesia juga tengah berjuang di pentas Syed Modi International Badminton Championships 2017 Grand Prix Gold 2017. Hingga berita ini ditulis, tiga wakil tunggal putri, Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung, Hanna Ramadini mampu melewati hadangan di babak pertama. Sedangkan Dinar Dyah Ayustine masih menjalani pertandingan.

Dua ganda putra pelapis, Berry Angriawan/Hardianto dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga melaju ke babak kedua. Pasangan gado-gado Hendra Setiawan/Tan Bong Heong juga mengikuti jejak wakil pelatnas Indonesia kala mengalahkan pasangan tuan rumah, Mohammed Munawar/Rajendran Vishnura, 21-11 21-9. (bam/nap)

Tim Asia Mixed Team Championships 2017

1.    Muhammad Bayu Pangisthu (tunggal putra)

2.    Firman Abdul Kholik (tunggal putra)

3.    Hanna Ramadini (tunggal putri)

4.    Gregoria Mariska (tunggal putri)

5.    Angga Pratama (ganda putra)

6.    Ricky Karanda Suwardi (ganda putra)

7.    Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira (ganda putra)

8.    Ade Yusuf (ganda putra)

9.    Anggia Shitta Awanda (ganda putri)

10. Ni Ketut Mahadewi Istarani (ganda putri)

11. Tiara Rosalia Nuraidah (ganda putri)

12. Rizki Amelia Pradipta (ganda putri)

13. Tontowi Ahmad (ganda campuran)

14. Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran)

15. Alfian Eko Prasetya (ganda campuran)

16. Annisa Saufika (ganda campuran)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bulutangkis #totalsport 

Berita Terkait

Akbar/Winny Langsung Tersingkir di Indonesia Masters

Bulutangkis

Siapkan Pesta Medali Emas  

Asian Games 2018

Bisa-Bisa All Indonesian Final

Asian Games 2018

Sore Ini, Anthony Dkk Tantang Tiongkok di Final

Headline

Gregoria dkk Pede Habisi Hongkong

Bulutangkis

IKLAN